Recall Besar-besaran! Kia Tarik 460.000 Unit SUV Telluride di AS karena Risiko Kebakaran

Recall Besar-besaran! Kia Tarik 460.000 Unit SUV Telluride di AS karena Risiko Kebakaran

Otoinfo – Merek otomotif ternama asal Korea Selatan, Kia, baru saja mengumumkan penarikan kembali (recall) sejumlah besar kendaraan SUV Telluride di Amerika Serikat. Langkah ini diambil setelah ditemukan adanya risiko kebakaran pada mobil tersebut.

Menurut laporan dari NY Times dan USA Today pada Sabtu (8/6), National Highway Traffic Safety Administration (NTHSA), lembaga keamanan lalu lintas AS, telah mengeluarkan peringatan terkait masalah serius yang ditemukan pada Kia Telluride.

Baca Juga:   Toyota Fortuner 2024: Perpaduan Sempurna Antara Performa, Kehandalan, dan Teknologi Hybrid!

Masalah yang diidentifikasi adalah pada jok elektrik bagian depan yang bisa mengalami pemanasan berlebih akibat kenop geser yang macet. Kondisi ini berpotensi menimbulkan kebakaran. Penarikan kembali ini mencakup Kia Telluride yang diproduksi antara 9 Januari 2019 hingga 29 Mei 2024, dengan total unit yang terdampak mencapai setidaknya 460.000 kendaraan.

Pemberitahuan resmi kepada pemilik kendaraan akan mulai dikirimkan oleh Kia pada tanggal 30 Juli. Sementara itu, pemilik Telluride disarankan untuk memarkir mobil mereka di luar rumah guna menghindari risiko kebakaran hingga kendaraan selesai diperbaiki.

Baca Juga:   Lagi Rame! All New Honda BeAT 150, Skutik Terbaik 2024

Solusi yang ditawarkan oleh Mobil tersebut meliputi pemasangan braket pada penutup belakang sakelar jok listrik serta penggantian kenop geser kursi secara gratis. Tidak hanya itu, Kia juga akan menanggung biaya perbaikan bagi pemilik yang telah lebih dahulu memperbaiki masalah tersebut sebelum pengumuman recall ini.

Kasus ini bermula dari laporan yang diterima oleh Kantor Keamanan Kia Amerika Utara, di mana dilaporkan bahwa jok pengemudi mengalami kebakaran saat mobil sedang dikendarai. Untungnya, tidak ada korban jiwa, luka, atau kecelakaan yang dilaporkan akibat insiden tersebut.

Baca Juga:   Wow! Yamaha NMAX 2024 Siap 'Menggebrak' dengan Fitur dan Performa Terkini yang Bikin Honda PCX Merinding!

Langkah penarikan kembali ini merupakan bentuk tanggung jawab Kia untuk memastikan keselamatan pengguna kendaraan mereka serta menghindari potensi kerugian yang lebih besar di masa depan. Otoinfo.