Supermoto Trail Independet (SOLID), Gabungkan Hobi dan Persaudaraan Pecinta Trail dan Supermoto

Otoinfo.id – Sekarang ini memang lagi maraknya anak-anak muda memakai motor trail. Baik yang masih standart pabrikan dengan identik ban pacul atau ban kotak, maupun yang sudah dimodif bergaya konsep modif supermoto.

Ya, modif supermoto identik dengan gaya motor perkotaan, dengan merombak kaki-kakinya menggunakan ban untuk jalanan aspal. Meski untuk body masih mempertahankan konsep pabrikan sebagai motor adventure.

Sudah menjadi hal wajib sepertinya di dunia roda dua, bila ada varian motor baru dan menjadi trend, tentu akan diikuti dengan mulai muncul komunitasnya. Nah, begitu pula dengan mulai ramainya komunitas motor yang mengibarkan bendera club motor supermoto juga komunitas motor trail.

Salah satunya yang baru saja lahir atau di deklarasikan belum lama ini, tepatnya saat hari kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020 kemarin. Terbentuklan komunitas motor yang ingin menyatukan dua hobi dalam satu geberan motor, baik yang bergaya supermoto atau yang masih ingin mempertahankan karakter asli motor trail. Komunitas itu tidak lain adalah SOLID, merupakan singkatan dari Supermoto Trail Independent.

SOLID memang sengaja ingin menyatukan dua hobi dalam satu geberan motor trail. Pasalnya, bagi kalangan penghobi supermoto kebanyakan lebih suka touring dari kota ke kota. Sedangkan bagi yang punya motor trail bila ingin masuk ke komunitas, kebanyakan mereka mencari yang sama-sama hobi adventure atau trabas.

Baca Juga : RCB dan Proliner Bagi Ilmu Cara Seting Suspensi Juga Penjelasan Knalpot di Gathering HPCI Depok Chapter

Dari permasalahan itulah berdirilah komunitas SOLID. Seperti apakah cikal bakal berdirinya komunitas SOLID ini, dikisahkan oleh salah satu deklaratornya yang sering disapa Jedoen, yang sudah mampu mengabungkan para pecinta supermoto dan adventure dalam satu bendera organisasi komunitas motor.

“Awalnya kita masih beberapa orang, kalau nggak salah awal ngumpul lima motor saja. Meraka adalah Om Sarif, Om Olid, Om Ceppy, Om Abriel, Om Keling, dan Om Gigih. Waktu kita ngumpul motornya ada yang masih asli pabrikan alias bodi trail, tapi ada juga yang udah dimodif style supermoto. Dari situlah justru akhirnya kita berlima ingin membangun satu komunitas gabungan dari yang suka tunggangan trail maupun yang udah dimodif supermoto,” kenang Jadoen.

Meski boleh dibilang masih seumur jagung, tapi komunitas SOLID hingga detik ini membernya sudah cukup banyak. Oh iya, untuk sekertariatnya sendiri, club SOLID ini berada di di jln Caman Raya Gang Haji Sekum No. 47 Jatibening, Pondok Gede, Kota Bekasi, kontak WA nya 085719223357.

Atau bila kalian semua pengguna motor trail ataupun supermoto yang tinggal di seputaran Bekasi, Jabodetabek, Bogor dan dimanapun kalian berada ingin gabung di komunitas ini. Silahkan kunjungi media sosialnya di Facebook dengan klik Supermoto Trail Independen’ bisa juga di alamat Intagramnya @solid.indonesia.

SOLID ini sangat aktif melakukan berbagai bentuk kegiatan. Pastinya yang wajib dilakukan setiap komunitas motor jelas kopdar. Selain buat ngongkrong bareng, tentunya di kopdar juga banyak hal yang akan dijadikan bahan diskusi. Tentunya seputar kegiatan aktifitas komunitas.

Untuk lokasi kopdarnya club SOLID ini punya dua tempat. Biasanya untuk siang hari, pas kebetulan sedang mau latihan grasstrack atau trabas. Mereka kumpul di bengkel MOTOPLUS GRANDWISATA, yang berada di Jl. Mustika Jaya No.66, RT.006/RW.012, Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi Jawa Barat. Selain menadi tempat kopdar, bengkel MOTOPLUS ini juga menjadi bengkel rujukan buat club SOLID, seperti servis dan bore up mesin.

Sedang untuk malam harinya, biasanya SOLID akan kopdar di Jl, Kalimalang, Caman, Bekasi. Yang diagendakan setiap Sabtu malam minggu, diteruskan dengan rolling thunder buat melatih skill dan edukasi safety riding bila mau touring jauh. Bahkan kadang juga digelar Kopdargab atau kopdar gabungan. Seperti yang dilakukan beberapa minggu lalu di lokasi kopdar malam.

Baca Juga : Brownbottle Supermoto Bersama Freestyler Serta PMI Bagi Masker dan Nasi Box

Nah ini yang menarik dari club SOLID. Biasanya setelah malam mereka menggelar Kopdargab, dilanjutkan pagi harinya mereka melakukan latber atau latihan bersama. Latihan bersama ini biasanya diisi dengan acara melatih fisik buat yang suka grasstrack, atau member yang hobi trabas atau adventure.

“Kebetulan sekali tidak jauh dari basecamp kita ada sirkuit non permanen yang berlokasi di belakang Gowet Grandwisata, Bekasi. Bareng bersama all komunitas yang juga berlatih ditempat itu. Salah satunya dari teman-teman team Rongos. Selain latihan bersama, juga sebagai ajang sillaturohmi dan melatih fisik dan skill di dunia grasstrack dan trabas atau adventur,” ungkap Jadoen.

Selain itu masih banyak kegiatan lainnya yang dilakukan oleh club SOLID yang sudah menjadi program kerja komunitasnya. Diantaranya mereka baru saja menggelar acara family gathering pada tanggal 7 hingga 8 November 2020 lalu. Berlokasi di Cigombong, Sukabumi, di sebuah villa di atas bukit.

Di lokasi family gathering, mereka juga ditantang oleh meedan yang cukup ekstrim, terjal berbatuan dan banyak halang rintang dari semak belukar dan pepohan liar.

“Memang untuk mencapai titik lokasi villa harus melewati jalan tanah dengan kondisi alam yang ekstrim. Apa lagi bila hujan mengguyur, pasti tambah sulit jalurnya. Dan hampir semua member ikut buat menjaga kekompakkan. Kita juga sering melakukan bakti sosial untuk mengasah kepudilian jiwa sosial buat semua member SOLID,” tutup Jadoen.

Menarik bukan komunitas SOLID. Ayoo bila kalian penunggan kuda besi trail ataupun yang sudah dimodif supermot bila ingin punya teman komunitas. Silahkan deh gabung di komunitas SOLID, pasti asik dan menyenangkan bro!