Suspensi Terasa Tidak Nyaman? Ini Gejala dan Cara Penanganannya

Otoinfo.id – Part yang satu ini juga merupakan part paling penting yang ada pada sepeda motor. Sokbreaker atau suspensi ini berfungsi untuk memberi kenyamanan pengendara. Jadi, kalau tidak ada sokbreaker, bisa dibayangkan rasanya gimana ya hehehe.

Yup, bagi sebagian pemilik kendaraan khususnya roda dua ini, tentu pernah merasakan hal yang tidak biasa. Itu terjadi pada motor yang sudah berumur atau tergantung dari pemakaian. Normalnya sih kalau umur sok sekitar 1,5 sampai 2 tahunan. Itu pun kalau pemakaian setiap hari dan membawa beban berat.

Baca Juga : https://www.otoinfo.id/roller-xmax-kawahara-pilihan-banyak-bisa-puas-setting/

Kalu dari sisi pemakaian, biasanya sok belakang yang lebih sering bekerja keras. Soalnya tumpuan dari pengendara terdapat pada bagian belakang.

Sok Belakang Lebih Cepat Rusak.

Nah, buat para pemilik motor yang sudah merasakan keanehan pada suspensi, dianjurkan dapat meluangkan waktu untuk mengeceknya. Pengecekan bisa dilakukan sendiri, selain tes riding berboncengan bisa juga kita melihat sok ada rembesan olinya atau tidak. Kalau ada, itu merupakan kebocoran yang terjadi pada sok.

Baca Juga : https://www.otoinfo.id/cukup-pakai-alat-sederhana-bisa-bikin-pembersih-injector-sendiri/

Kalau sudah bocor, saat berboncengan atau bawa beban berat, rebound soknya akan terasa begitu mental-mental. Hal tersebut terjadi karena hanya ulir pernya saja yang bekerja. Sementara tabung yang terdapat pada sok sudah tidak bekerja karena oli didalamnya sudah bocor.

Baca Juga : https://www.otoinfo.id/tips-performa-suspensi-rcb-sb-2-3-prima-matik-200-korekan-ztm-berjaya/

Efek yang terjadi kalau sok bocor itu terasa ketika melewati jalan tidak rata, disitu motor akan terasa goyang. Apalagi kalau sedang menikung, motor akan susah dikendalikan karena tidak stabil, dan tentu bisa membahayakan.

Perbaikannya, kalau hanya bocor saja bisa dilakukan dengan cara mengganti seal sok atau karet sok dan oli yang baru. Namun bila as sok sudah tergores, alangkah baiknya lakukan pengecekan dibengkel-bengkel resmi. Karena biasanya akan ada penggantian komponen sokbreker secara keseluruhan. Aji