Terungkap Alasan KTM Merekrut Pedrosa Jadi Test Rider

Otoinfo.id – Dengan dukungan Red Bull, KTM ingin segera kompetitif di MotoGP. Untuk itu dibutuhkan pengembangan dengan cepat. Membajak Tech3 dari Yamaha untuk menjadi tim satelit adalah salah satu upaya dalam akselerasi pengembangan motor. Tidak hanya itu, KTM sangat membutuhkan masukan dari rider berpengalaman.

Nah, dari semua pabrikan yang desain mesinnya mirip dengan KTM RC16 adalah Honda RC213V, Ducati dan Aprilia. Sama-sama menggunakan konfigurasi V4. Namun yang harus digaris bawahi adalah, Honda dan Ducati yang paling kompetitif.

Untuk mencari banyak masukan untuk pengembangan motor, dibutuhkan rider pengalaman dari salah satu pabrikan tersebut. Dan kebetulan sekali, kedatangan Jorge Lorenzo membuat tempat Pedrosa pun tersingkir dan memutuskan pensiun. Walaupun ada peluang untuk bergabung dengan Yamaha, Pedrosa tidak inginkan berada di tim satelit.

KTM RC16 butuh pengembangan cepat agar kompetitif

Ternyata peluang itu dimanfaatkan KTM yang ingin menggunakan jasa Dani Pedrosa agar mendapat input sebanyak-banyaknya dari Honda RC213V. “Kami tidak memberikan tekanan ekstra padanya (Pedrosa) untuk memutuskan (bergabung dengan KTM), tetapi dia tahu dari awal kami benar-benar menginginkannya karena dia dapat memberikan nilai yang sangat besar bagi proyek kami dalam hal pengembangan untuk masa depan,” jelas Pit Beirer, Direktur Olahraga KTM.

Gayung bersambut, lamaran KTM pun diterima Pedrosa untuk menjadi test rider KTM. Seluruh pengetahuan Pedrosa terhadap Honda RC213V akan dijadikan bahan pertimbangan untuk mengembangkan RC16. Seperti diketahui bahwa Dani Pedrosa sudah berkarir bersama Honda selama 18 tahun, jadi sangat paham cara pengembangan motor dan langkah yang dilakukan Honda dalam melakukan perubahan. Ini yang diinginkan KTM dari Pedrosa.

Apalagi KTM memiliki tipe mesin mirip dengan Honda. Sehingga transfer pengetahuan Pedrosa terhadap RC213V pun bisa tersalur sempurna kepada KTM RC16. “Kami benar-benar sangat, sangat bangga bahwa pembalap seperti Dani datang di pihak kami dan membawa pengalamannya ke dalam proyek kami,” kata Pit Beirer.

Makin cocok karena kedua motor tersebut sama-sama memakai kode RC di depannya. Akankah KTM RC16 menjelma menjadi RC213V? MT4

Baca Juga : MotoGP: Zarco Jatuh Bangun Taklukan KTM
Baca Juga : MotoGP: Debut Pedrosa Di KTM Dipercepat
Baca Juga : MotoGP: Terungkap Hitungan Down Force Pada Winglets Motor MotoGP