Tips Membuat Rantai Motor Tetap Awet

Otoinfo.id-Rantai motor merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga putar dari mesin ke roda belakang melalui perantara gir atau sebagai penggerak roda,  yang akan meneruskan putaran roda gigi depan ke roda gigi belakang sehingga roda belakang bisa berputar.. Namun, umumnya penggunaan rantai motor ini masih digunakan selain pada motor sport dan motor bebek. Rantai motor juga menjadi salah satu bagian yang harus selalu diperhatikan. Karena keberadaannya dapat mempengaruhi kualitas berkendara selama  kita di jalan, maka rantai motor menjadi salah satu bagian yang cukup penting.

Baca Juga:   Panduan Memilih Rantai Motor SSS ( HSB vs HSBT)

Baca Juga : Duo Pramac Ducati Podium Bersama Regina Chain, Rantai Kualitas Dunia yang Juga Dijual di Indonesia!

Coba kalian bayangkan jika tanpa rantai, tentu saja motor tidak bisa berjalan. Apalagi jika rantaimu sampai putus ketika dikendarai di tengah jalan. Tentunya halseperti ini akan sangat membahayakan. Karenanya perlu adanya perawatan maksimal dan menyeluruh agar rantai pada motor tetap awet.

Baca Juga : Catatan Jorge Martin di MotoGP Amerika, Motornya Ditopang Rantai Regina yang Kondang di Indonesia

Baca Juga:   Ini Penyebab Rantai Motor Berisik dan Cara Mengatasinya

Nah agar membuat rantai motor tetap awet, kita memerlukan perawatan pada rantai motor kita. Dan bagaimana cara merawat rantai motor agar tetap awet?, Berikut ini beberapa cara perawatan pada rantai motor ;

  1. Harus rutin Dibersihkan.

Selain bagian ban, rantai juga menjadi bagian yang mudah kotor. Hal ini tentunya mudah kita ketahui karena biasanya ban dan rantai kerap melintasi pasir, tanah, air bahkan lumpur. Oleh karena itu, rantai perlu mendapat perhatian yang lebih.

Baca Juga : Penting buat Bikers, Begini Cara Rawat Rantai Roda Sepeda Motor

Baca Juga:   MotoGP Le Mans 2020: Berebut Poin, Quartararo Ngotot Salip Joan Mir

Nah sebagai pemilik kendaraan, kita juga harus rutin membersihkan bagian rantai yang kotor guna menghindari karatan serta beberapa masalah lainnya. Kita bisa menggunakan berbagai macam produk cleaner (pembersih) untuk membantu mengembalikan kinerja rantai motor supayua bisa lebih optimal.

  1. Gunakan Pelumas.

Kebanyakan orang mengatakan, gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Namun sebenarnya,  ini cara yang kurang tepat. Karena oli bekas yang dioleskan pada rantai motor justru bisa menimbulkan kerusakan hingga membuat rantai motor tidak awet.