Tips Merawat Motor 2 Tak Agar Tetap Sehat Dan Kencang

Honda NSR

Otoinfo.id-Motor 2 tak menjadi barang yang banyak dicari, karena banyak yang ingin bernostalgia dengan motor-motor 2 tak. Namun terkadang ada sebagian orang memperlakukan motor 2 tak seperti 4 tak. Lalu bagaimana cara merawatnya? Kita simak jawaban berikut.

Baca juga : KOMPAX (Komunitas Motor GL Pro Dan Max) Indonesia: Tetap Kompak dan Solid!

“Motor 2 tak itu sebenarnya mudah perawatannya. Tetapi sebagian orang kadang tidak tahu cara merawatnya. Untuk itu saya sedikit berbagi tips bagi orang yang mungkin tidak tau tentang cara merawat motor 2 tak,” kata Indra mekanik asal Wonosobo yang sering mengotakatik motor 2 tak. Berikut ini cara merawat motor 2 tak:

1. Bersihkan karbulator karena sering kotor. Kebersihan karburator itu penting karena kotoran di dalam karbulator bisa masuk langsung ke ruang bakar. Dalam jangka waktu lama kotoran tersebut bisa membuat piston baret. Untuk itu sering – seringlah membongkar karbulator dan membersihkannya

Baca juga : Drag Bike Cilacap 2020: Riset Baru Ninja Mawur-Mawur Speed Feat C-Duckz Sabet 3 Podium Sport 2T Std 155 Pemula!

2. Selalu cek oli samping. Oli samping di motor 2 tak berperan penting, karena motor ini hanya memiliki 2 langkah. Oli mesin pun tidak naik ke silinder. Untuk itu motor 2 tak membutuhkan oli tambahan yang biasa di sebut oli samping. Nah, maka dari itu oli samping pun tidak boleh sampe habis atau tidak lancar. Bila oli samping tidak masuk ke ruang bakar maka akan vatal akibatnya. Mesin bisa macet dan piston akan ada baretan.

Baca juga : Dovizioso Tak Betah Tinggal Di Inggris, Ternyata Ini Alasannya!

3. Cek busi karena sering kotor. Busi di setiap motor berperan sangat penting karena menyuplai api ke ruang bakar. Untuk itu di motor 2 tak, busi adalah salah satu hal yang membuat motor 2 tak sering ngadat bahkan sering brebet. untuk itu selalu cek dan bersihkan busi agar tidak kotor.

4. Sesekali bongkar silinder head nya. Disini bagian yang mungkin paling kotor karena ini adalah area pembakaran. biasanya ada kerak yang menempel di silinder head yang mengakibatkan pembakaran kurang sempurna. untuk itu sesekali bongkar dan bersihkan agar motor 2 tak kamu selalu prima.

Sekian tips singkat merawat motor 2 tak, semoga menjadikan motor 2 tak kamu selalu sehat dan kencang. Bagus Adit

Baca juga : Tips : Rombak Kaki-Kaki Honda ADV 150 Makin Kekar, Velg SP 811 Pilihan Tepat!