Tips : Rombak Kaki-Kaki Honda ADV 150 Makin Kekar, Velg SP 811 Pilihan Tepat!

Otoinfo.id –  Banyak cara yang bisa dilakukan para pecinta modifikasi dalam menampilkan kuda besinya bisa tampil sesuai selera. Modifikasi memang butuh otak yang punya banyak akal. Yup, modifikasi adalah tentang seni bagaimana membuat motor yang awalnya tampil standart, bisa terlihat lebih garang. Pastinya, setelah ada beberapa komponen yang dirubah atau dimodif.

Nah untuk masalah otak-atik modifikasi, Robby Ganie yang notabene sebagai Research & Development (R&D) produk RCB (Racing Boy) punya tawaran menarik, khususnya bagi pemilik Honda ADV150. Ini adalap produk teranyar dari Honda yang mulai mencuri perhatian dan diklaim sebagai pesaing terbaru Yamaha N-Max.

Baca Juga : Pirelli Kejurnas Motoprix Sentul : Pakai Velg RCB SP522, Aldi Satya Dan Fitriansyah Kete Double Winner!

Yes! kali ini Robby ingin melakukan eksperimen menampilkan sosok Honda ADV, dengan kaki-kaki kekarnya. Konsep modif ini dilakukan buat mengimbangi body Honda ADV yang sudah tampil sporty. Biar lebih tambah garang lagi, kaki-kakinya dibikin kekar. “Kalau menurut saya Honda ADV untuk body atasnya sudah kelihatan sporty. Nah biar lebih kelihatan garang lagi, sektor kaki-kakinya juga harus dibuat gambot,” jelasnya.

Baca Juga : Road Race Cilacap 2019: RX-King Pacuan Agus Setiawan Tiada Tanding, Velg-nya Pakai RCB SP522

Nah buat merealisasikan proyek modifkasi kali ini, apa saja part aksesoris RCB yang harus disiapkan. Menurut Robby, yang jelas untuk sisi kaki-kaki daya tariknya jelas ada pada velg. “Sengaja untuk velgnya saya memakai model SP 811 yang biasanya dipakai buat Yamaha N Max karena tapaknya lebih lebar dari velg standar bawaan motor. Velg standart Honda ADV untuk depannya berukuran 2,50 x 14 inc, sedang belakang 3,50 x 13 inc. Sedang untuk velg RCB SP 811 buat Yamaha N Max memiliki ukuran lebih besar, depan 3, 50 x 14 inc sedang belakang 4,00 x 14 inc,” jelas Robby.

Selain velg RCB SP 811 yang dipakai buat merombak tampilan kaki-kaki Honda ADV, Robby juga menyiapkan seperangkat brake system. Untuk disknya memakai RCB S series untuk depan dan belakang. Sedang untuk calipernya memakai model S Series untuk depan, sedang yang belakang pake model S2. Dengan warna merah marom, jadi lebih elegan tampilan fashionnya.

Baca Juga : Oneprix 2019 Tasikmalaya (Seri 2): Velg Racing Boy Masih Jadi Andalan, Paling Banyak Tipe SP 522!

Patut dicatat bahwa yang namanya modifikasi jelas ada yang harus dilakukan customisasi, inilah seninya modifikasi. Robby-pun menjelaskan secara singkat mekanisme customnya. Untuk penempatan velgnya memang ada yang harus dilakukan rombakan, yang jelas berurusan dengan mesin bubut. “Pertama velg depan sebelah kanan dibubut cukup banyak untuk dudukan disk 14mm. Lanjut ke dudukan sensor spedo dikepras habis sampe rata dengan bearing. Bearing house juga harus dipotong rata dengan bearing. Untuk sebelah kiri terdapat bearing house juga harus dipotong rata dengan bearing. Jadi intinya kiri dan kanan kena pisau bubut tinggal menyesuaikan bushing rodanya saja,” jelas Robby.

Begitu pula bagian belakang. langkah yang dilakukan Robby untuk velg bagian kiri di kurangi 13 mm dan gigi nanas di velg juga kena bubut 6mm. Tujuannya supaya centre sesuai dengan aslinya ADV. Lalu bagian kanan dudukan disk jg kena pangkas 4mm. Dilanjutkan dudukan sensor speedo juga harus di kepras habis sampe rata dgn bering house. “Untuk busing roda belakang dibikin ulang sesuai kebutuhan,” tutup Robby. Taufik