Unggul Mana Sih, Mesin SOHC atau DOHC? Simak Penjelasanya!

SOHC VS DOHC manakah yang lebih unggul

Otoinfo.id – Untuk penggemar bikers pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, bagi kalian yang belum paham, mari kita kenali dulu arti SOHC dan DOHC.

SOHC (Single Over Heed Camshaft), yang berarti setiap kepala silinder hanya mempunyai satu camshaft saja untuk membuka katup intake (masuk) dan exhaust (keluar).

Sedangkan DOHC (Doble Over Head Camshaft) memiliki dua camshaft disetiap kepada silinder, satu untuk mengatur intake dan satu lagi untuk mengatur exhaust.

Baca juga : Tips: Suara Knalpot Motor ‘Nembak’? Ini Sebab dan Cara Memperbaikinya!

Pada jaman yang sudah maju ini, banyakl kita jumpai motor yang sudah menggunakan mesin bertipe DOHC. Tapi, disamping itu juga masih banyak produk motor baru yang masih menggunakan mesin tipe SOHC.

Lalu dari kedua tipe mesin ini, manakah yang lebih unggul sih? simak penjelasan berikut!

Dikutip dari otomotifnet.gridoto.com, Dyonisius Beti, selaku Executive Vice President YIMM (PT Yamaha Indonesia Manufacturing Motor), menjelaskan bahwa SOHC dengan konfigurasi over stroke yang lebih nendang di putaran bawah.

“Kalau mesin SOHC itu lebih enak di putaran bawahnya. Kalau DOHC itu lebih bagus di putaran tingginya,” ucapnya.

Baca juga : Suara Mesin Motor Kasar dan Kurang Bertenaga? Hal Sepele Bisa Jadi Penyebabnya!

Dyonisius Beti juga menambahkan bahwa, untuk kondisi jalan di Indonesia lebih cocok menggunakan mesin SOHC dan VVA.

“Dan jika melihat kondisi lalu lintas dan jalan raya di Indonesia, kami rasa kombinasi SOHC dan VVA menjadi pilihan yang paling cocok. Total balance,” tambahnya.

VVA adalah teknologi dari Yamaha agar mesin SOHC pada motornya tidak kalah dengan kompetitor lainnya yang selevel. jadi, VVA memiliki mekanisme yang memungkinkan klep masuk punya durasi dan lift yang berbeda antara putaran bawah dan atas.

Baca juga : Perlu Dicatat, Ini Kelebihan Dari Helm NHK Yang Wajib Diketahui

Untuk klep in, memiliki doble camshaft atau kem yang berkerja secara variabel atau bergantian. Mesin ini diklaim mampu membuat tenaga tidak terputus dari putaran bawah hingga atas.

Mesin All New R15 yang menggunakan teknologi VVA

Yamaha All New R15 adalah salah satu moto yang menggunakan mesin SOHC dengan teknologi VVA.

Jadi, dari penjelasan diatas, mesin SOHC lebih cocok digunakan untuk kalian yang hanya riding dekat. Namun sebaliknya, mesin DOHC cocok untuk kalian yang sering touring dan perjalanan jauh. Bagus Adit