Otoinfo.id – Pertamina Enduro VR46 Racing Team, yang saat ini berstatus sebagai salah satu tim independen dari Ducati di MotoGP, tengah berpotensi mengalami perubahan besar yang akan mengubah statusnya secara signifikan. Dipimpin oleh Uccio Salucci, tim ini berada dalam skenario untuk menggeser posisi Prima Pramac Racing yang selama beberapa tahun terakhir mendapatkan dukungan utama dan spesifikasi motor terbaru dari Ducati. Jika rumor perpindahan pabrikan ke Yamaha benar adanya, maka Pertamina Enduro VR46 Racing Team berpeluang besar menjadi tim referensi Ducati di MotoGP, sebuah status istimewa untuk tim independen di kelas utama ini.
Dalam wawancaranya dengan La Gazzetta dello Sport, Uccio Salucci, Team Director Pertamina Enduro VR46 Racing Team, mengonfirmasi potensi transisi ini. Ia menjelaskan bahwa draft kontrak baru dapat mendefinisikan kembali kemitraan mereka bersama Ducati pada musim MotoGP 2027. “Rancangan perjanjian ini mengenai rencana mendapatkan dua motor spek pabrikan untuk tahun depan, kemudian menjadi tim acuan mulai MotoGP 2027,” ujarnya.
Saat ini, posisi Pertamina Enduro VR46 Racing Team lebih kuat untuk memperpanjang kerjasama mereka dengan Ducati dibandingkan rumor pindah ke Yamaha. Tahap yang dilalui oleh tim dengan pabrikan telah mencapai pengajuan rencana kerja sama mulai tahun depan (2025), dimana Ducati akan memberikan dua unit motor spek terbaru – Ducati Desmosedici GP25 – kepada Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Selanjutnya, tim ini akan naik status menjadi tim acuan atau reference team, menggantikan posisi Pramac Racing.
Namun, Salucci mengklarifikasi bahwa belum ada yang pasti dan masih ada beberapa aspek yang harus dipelajari. “Sekarang tinggal melihat skenario baru, yang akan memakan waktu,” kata sahabat karib Valentino Rossi ini.
Jika Ducati resmi ‘me-upgrade‘ level Pertamina Enduro VR46 Racing Team, diperkirakan akan ada rookie muda Fermin Aldeguer yang telah dikontrak Ducati Corse untuk ditempatkan dalam tim. Hal ini wajar mengingat tim satelit atau junior team menjadi tempat untuk menempatkan pembalap potensial di masa depan. Selain itu, pembalap binaan mereka, Marco Bezzecchi, telah resmi hijrah ke tim pabrikan Aprilia Racing mulai musim depan, sehingga satu kursi di tim ini akan tersedia.
Dengan kemungkinan reorganisasi ini, Pertamina Enduro VR46 Racing Team tidak hanya dapat memperkuat posisinya sebagai tim satelit atau independen biasa, tetapi juga menegaskan dirinya sebagai pemain penting di MotoGP. Bagi TMCBlog, ini akan menjadi energi baru untuk MotoGP masa depan dan meratakan kembali distribusi kekuatan antara tim dan pembalap menyambut regulasi teknis baru. Diharapkan dinamika baru ini akan membawa angin segar bagi MotoGP di masa mendatang.
More Stories
Pikoli Oil Tegaskan Komitmen di MRS 2025 Seri 4, Tetap Dukung Superpole Race NS600 dan UB150
Resmi Comeback! Modifikasi Skutik MAXI Yamaha di Semarang Bikin Melongo!
CustoMAXI 2025 : Arena Adu Kreativitas Ciptakan Skutik MAXI Yamaha yang Anti-Mainstream