Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Waspada! Karet Boot Kaliper Motor Getas Bisa Bikin Rem Seret, Ini Solusinya

Waspada! Karet Boot Kaliper Motor Getas Bisa Bikin Rem Seret, Ini Solusinya

Waspada! Karet Boot Kaliper Motor Getas Bisa Bikin Rem Seret, Ini Solusinya

Otoinfo.id – Banyak pemilik motor, terutama motor bekas, sering mengabaikan kondisi karet boot kaliper. Padahal, komponen kecil ini punya peran penting dalam sistem pengereman. Jika dibiarkan kotor atau mulai getas, akibatnya bisa fatal: rem motor jadi seret.

Menurut Zainul Furqon, pemilik bengkel Banewmas Motor di Jakarta Timur, karet boot kaliper berfungsi untuk mengembalikan posisi kampas rem setelah tuas rem dilepas. “Kalau karet boot sudah aus, kampas rem tetap menekan piringan meskipun tuas rem tidak lagi ditekan,” jelas Zainul yang akrab disapa Inul.

Fungsi Karet Boot Kaliper dalam Sistem Rem

Secara normal, karet boot kaliper bekerja sebagai peredam dan penarik kembali kampas rem agar tidak terus bergesekan dengan piringan. Jika karet ini mengeras atau retak, kampas akan tetap menempel pada piringan rem. Hal ini membuat putaran roda jadi berat dan bisa mengganggu kenyamanan serta keamanan berkendara.

Biaya Penggantian Karet Boot Kaliper

Kabar baiknya, harga karet boot kaliper cukup terjangkau. Untuk motor Yamaha, misalnya, karet boot bagian atas dibanderol mulai Rp21 ribuan, sementara bagian bawah sekitar Rp23 ribuan. Umumnya, setiap kaliper motor memiliki dua karet boot, yaitu di bagian atas dan bawah.

Baca Juga: Iwan Setiawan Pimpin Klasemen Superbike Comm MRS 2025, Gaspol di Seri Ketiga!

Baca Juga:  5 Rahasia Perawatan Mobil untuk Kinerja Optimal dan Nilai Jual Tinggi

Selain itu, kerak pada piston kaliper juga bisa menjadi penyebab rem seret. Jika masalah ini terjadi, pemeriksaan kedua komponen tersebut sangat disarankan.

Cara Mengatasi Rem Seret Akibat Karet Boot dan Piston Bermasalah

Zainul menyarankan untuk membongkar kaliper rem agar kondisi sil dan piston bisa diperiksa secara langsung. Membersihkan piston kaliper juga tergolong mudah.

  1. Gunakan autosol untuk menghilangkan kerak.
  2. Amplas permukaan piston dengan kertas semen.
  3. Lakukan finishing dengan mencucinya menggunakan air sabun colek.
Baca Juga:  Ini Dia Tips Berkendara Di Bulan Puasa

Dengan perawatan rutin, rem motor akan kembali responsif dan aman digunakan.

Baca Juga: LCR Honda Gagal Temukan Pengganti Chantra di MotoGP Austria, Espargaro Baru Tampil di Hungaria

Karet boot kaliper memang komponen kecil, tetapi fungsinya sangat vital dalam sistem pengereman motor. Jangan tunggu sampai getas atau kotor, karena risikonya bisa membuat rem seret dan membahayakan keselamatan. Ganti karet boot saat kondisinya sudah aus, dan lakukan perawatan berkala pada piston kaliper.

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.