WorldSSP Catalunya (Race 1): Galang Hendra Terus Lakukan Progress, Start Ke-17, Sayang Alami Crash

Foto: Yamaha Racing

Otoinfo.id – Race 1 World Supersport 600 (WorldSSP), 2020 seri ke-6 ini yang digelar di Sirkuit Catalunya, Spanyol, pembalap binaan Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama bertarung dari starting grid ke-17 yang ada di baris keenam. Balapan Catalunya ini jadi yang pertama kali dalam karir Galang.

Catatan waktu dari rider yang mengusung tim bLU cRU Yamaha WorldSSP by MS Racing tersebut ialah 1 menit 47,062 detik. Ini lebih baik dari hasil kombinasi FP1, FP2 dan FP3 yang best-timenya ialah 1 menit 48,667 detik. Faktanya memang FP2 dan FP3 berlangsung dalam kondisi wet-weather atau lintasan basah karena diguyur hujan. Jadi ada peningkatan hingga 1,605 detik dari hasil sesi superpole.

Pada bagian lain, Galang Hendra juga dapat mengoptimalkan perfoma motor saat sesi superpole dengan menduduki posisi ke-9 dalam pencapaian top speed dengan torehan 274,8 km/jam.

Baca Juga : Hasil FP1-FP2 WorldSSP Catalunya: Galang Hendra Masih Adaptasi Trek dan Terkendala Masalah Teknis

Sayangnya, saat berlangsung race 1, Galang Hendra mengalami crash di lap awal pada tikungan ke-4. Pembalap asal Yogyakarta yang berusia 21 tahun ini dibawa ke medical center untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dikabarkan tidak ada cedera patah tulang, tetapi mengalami nyeri pada bagian tangan kanannya. Sehubungan keputusan untuk ambil bagian atau tidak dalam Race 2, akan dilakukan pengecekan oleh tim medis dahulu pada Minggu pagi (20 September). Semoga Galang Hendra dapat kembali bertarung di race ke-2 untuk menambah pundi nilai yang sudah mengumpulkan 9 poin dan ada di urutan ke-22 dalam klasemen sementara WorldSSP.

“Mohon maaf pada race pertama saya mengalami crash di lap awal tikungan ke-4. Saya sudah start dengan baik, sayangnya saat masuk tikungan ke-4 saya sempat besenggolan dengan pembalap lain sehingga mengalami crash. Saat sesi superpole saya sudah menemukan set up motor yang lebih baik dari sesi FP. Yang saya rasakan sakit saat ini pada bagian pergelangan tangan kanan, Alhamdulillah dari hasil pengecekan tidak ada retak. Saya berharap besok dalam keadaan fit dan dari tim medis bisa mengizinkan untuk mengikuti warm up dan race 2,” tegas Galang Hendra.

Andy Verdoia Juara Race 1 WorldSSP Catalunya. (Foto: Yamaha Racing)

Adapun juara di race pertama WorldSSP Catalunya berhasil di raih pembalap bLU cRU Yamaha WorldSSP by MS Racing, Andy Verdoia yang mendapat keberuntungan dari kondisi hujan deras hingga balapan dihentikan pada lap ke-11. Ini prestasi terbaik dari rekan satu tim Galang Hendra.

Berikut jadwal WorldSSP Catalunya seri ke-6 pada hari Minggu (20 September 2020) sebagai berikut :
Warm-up : 14.25 – 14.40 WIB
Race 2 : 17.30 WIB

Untuk Merah Putih Semakin Di Depan, Yamaha Full GassPoll !