Yamaha Endurance Festival 2018 Sentul : Atur Strategi Pergantian Pembalap, Sugiartono-Sulthan (YROI) Jawara 150 Komunitas!

Sugiartono dan Sultan Hunafa

OtoInfo.Id-Balapan Yamaha Endurance Festival 2018 kelas komunitas 150cc usai digelar. Balap diikuti 14 komunitas yang memutari sirkuit selama 1 jam menggunakan Yamaha R15. Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI) pun berhasil menjadi jawara di kelas ini, di mana kedua pembalapnya yaitu Sugiartono dan Sulthan Hunafa berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan.

Sugiartono (055) In Action
Selama 1 jam balapan, Sugiartono dan Sulthan mendapatkan 25 putaran dengan best time 2:06.135 dan kecepatan puncak 112,7 km/jam. Strategi yang digunakan YROI cukup berhasil, meskipun Sugiarto sebagai pembalap pertama mengaku sempat mengalami kendala saat memulai balap.
“Tadi start dari grid kedua, tapi sempat kelempar ke posisi 10 karena start-nya telat. Switch start agak susah soalnya buru-buru,” jelas Sugiarto kepada Otoinfo.id, Minggu (30/09/2018).
Akan tetapi hal tersebut justru memotivasi Sugiarto sehingga Ia mengejar dengan tetap mempertahankan ritme. Hal tersebut dilakukan selain untuk mengejar waktu, kondisi motor turut menjadi perhatian. Pasalnya balap ketahanan ini sangat menguji ban, di mana dikatakannya Ia cukup banyak menghemat pengereman dengan mengikuti ritme agar ban tak cepat habis.
“Sebagai rider pertama saya push habis-habisan untuk memperjauh jarak dengan pembalap di belakang,” jelas Sugiarto.
Adapun strategi balap yang dilakukan YROI dalam Yamaha Endurance Festival 2018 ini lebih mengarah kepada saat penggantian rider. Soalnya, penentuan momen tersebut sangat penting agar hasil yang didapat maksimal.
Hasil 150 Community
“Persiapan lebih ke mengatur strategi saat tukat pembalap, karena kita harus melihat best time-nya, kalau ternyata pembalap pertama agak terlambat, pembalap selanjutnya harus nge-push,” jelas Sugiarto.
Selain itu, pengisian bahan bakar dikatakan Sugiarto juga membutuhkan strategi. Tangki tidak selalu harus diisi penuh, karena bobotnya akan mempengaruhi perfoma balapan. (FD/Wawan)