Yamaha Sunday Race 2018 Sentul: Gelaran Bergengsi Syarat Nilai Edukasi!

Kadek Suma, Divisi Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

OtoInfo.Id-Yamaha Sunday Race (YSR) sebagai gelaran bergengsi balap R-Series yang memadu rider komunitas dan rider pro memang syarat nilai-nilai edukasi. Beberapa hal bahkan sudah konsisten dijalankan sejak awal digelar YSR (2015). Pemeriksaan kesehatan salah satunya,”Jadi rider diharapkan bisa melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Ini penting untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi fit saat melakoni aktifitas. Terlebih ini motorsport yang memacu kerja jantung lebih cepat dengan pressure dan menuntut kosentrasi lebih tinggi,”ujar Kadek Suma Adnyana dari Divisi Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Cek Kesehatan Sebelum Balap

“Minimal yang kita cek tensi atau tekanan darahnya, jangan sampai lewat dari 140 mmHg atau dibawah 80 mmHg. Kalo tensi tinggi, tekanan otak dan jantung tinggi dan bisa menyebabkan pembuluh drah pecah. Akibatnya bisa terkena stroke, makanya harus dipastikan tensinya dalam kondisi normal. Tensi bisa dipengaruhi dari aktifitas, jenis klemain, usia dan tinggkat stres,”ujar dr. Lidya yang langganan hadir di YSR. Pantauan portal ini, para rider punya kesadaran tinggi arti pentingnya pemeriksaan kesehatan ini. Mereka antusias mendatangi pos kesehatan yang sudah disiapkan oleh panitia,”Yup, setiap serinya tak pernah terlewatkan untuk cek kesehatan dulu,”timpat Rahmat Yulianto dari ROCK XP.

Smooking Area, Wajib Dipatuhi

Nilai edukasi lain yang tak kalah menarik di seri ke-4 YSR (11-2/8) di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jabar kali ini adalah pentingnya mematuhi aturan smooking area,”Jadi, untuk yang merokok kita sudah siapkan area khusus untuk merokok. Ini juga terkait aturan dilarang merokok di area dalam pit garasi dan sekitarnya oleh manajemen Sentul. Ini berlaku untuk promotor, pembalap, pengunjung, panitia, termasuk semua personal di area tersebut. Pelanggaran terhadapa aturan ini akan dikenakan sanksi Rp. 1 juta,”tegas Kadek Suma. Sip! Wawan