Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Ferrari 488 Pista Resmi Mengaspal di Indonesia

Otoinfo.id – Berbarengan buka puasa bersama media di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Ferrari Jakarta menghadirkan unit pertama 488 Pista. Inilah mobil baru dengan spesifikasi tak biasa. “Ferrari 488 Pista, sebuah produk yang sangat ditunggu-tunggu oleh klien Ferrari di seluruh dunia, tak kecuali di Indonesia,” ujar Indraguna Sutowo, pemilik diler dan CEO Ferrari Jakarta, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

488 Pista, adalah Ferrari dengan mesin V8 paling bertenaga. Pemangkasan bobot dan peningkatan performa mesin menjadi sebuah keunggulan. Pun aspek aerodinamika, yang terinspirasi dari mobil balap Ferrari layaknya 488 GTE dan 488 Challenge. Walaupun buas, mobil ini diklaim bisa “merajai” sirkuit maupun jalan raya, bahkan dikendarai pengemudi yang bukan pembalap profesional.

Baca Juga : Mazda Mulai Produksi Mobil Listrik

Dibandingkan 488 GTB, Pista lebih ringan 90 kg. Gendongan mesin V8 twin turbo 3.902 cc mampu mencapai tenaga puncak sebesar 720 PS/8.000 rpm dan torsi 770 Nm/3.000 rpm. Tak aneh jika 0-100 km/jam bisa terselesaikan dalam 2,85 detik saja. Bahkan mencapai 200 km/jam, hanya butuh 7,6 detik. Kecepatan tertinggi pun mengerikan. Pista sanggup berlari hingga lebih dari 340 km/jam. Tapi kondisi ini bisa dicapai dengan catatan, bahan bakar yang digunakan beroktan 98 dan menggunakan opsional komponen ringan di sekujur tubuhnya.

Baca Juga:  Ferrari P80/C Hanya Diproduksi Satu Unit

Output tadi merupakan hasil dari racikanteknologi balap. Manifold knalpot Inconel dan flywheel ringan, con rods titanium, serta intake plenum berbahan serat karbon, merupakan adaptasi dari 488 Challenge. Begitu pula turbo dengan sensor rev dan air intake yang memastikan aliran udara bersih dari flank ke area spoiler belakang. Generator vortex di bawah bodi mobil, juga didesain ulang.

Baca Juga : Tips Memilih Mobil Ala Gofar Hilman dan Yasmine Leeds

Diffuser belakang menggunakan bracket ganda mirip pada 488 GTE. Ini berdampak pada peningkatan ekstraksi udara yang tentu menghasilkan daya tekan angin lebih baik. Spoiler belakang yang lebih tinggi serta panjang, juga memiliki proporsi yang pas. semua aplikasi tadi, peningkatan downforce diklaim lebih baik 20%.

Hal itu disinergikan dengan sistem kontrol elektronik yang disebut Side-Slip Angle Control (SSC) versi 6.0. Isinya menggabungkan E-Diff3, F1-Track, suspensi magnetorheological (SCM) dan yang terbaru Ferrari Dynamic Enhancer (FDE). Yang terakhir adalah kontrol dari software untuk mengoptimalkan dan menyesuaikan tekanan rem pada kaliper. Rangkaian fitur pengendalian ini, mengoptimalkan kinerja 488 Pista untuk bermanuver di tikungan. Mengontrolnya pun tak sulit, sistemnya intuitif sehingga arah mobil mudah ditebak. Selain itu, ban yang digunakan juga khusus pengembangan dari Michelin guna mendapat traksi maksimal.

Baca Juga:  Rafid Topan Pastikan Absen Seri 1 Motoprix Subang, Siapa Pengganti di R7 Racing ?

Baca Juga : Aplikasi Baru SERA Untuk Beli Mobil Bekas

Banderolnya? “Mengenai harga kami tidak umumkan, semuanya by order. Konsumen kami biasa melakukan personalisasi sehingga memiliki harga yang berbeda-beda.” tutup Indraguna. V4NO

Spesifikasi
MESIN
Tipe V8 – 90 0 twin turbo
Uku ran Mesin 3902 cc
Daya Maksimum 530 kW (720 cv) at 8000 rpm
Torsi Maksimum
DIMENSI DAN BERAT 770 Nm at 3000 rpm
Panjang 4605 mm
Lebar 1975 mm
-ringgi 1206 mm
Bobot Kering**
PERFORMA 1 280 kg
0-100 km/h 2.85 s
O -200 km/h 7.6 s
Kecepatan Maksimum > 340 km/h
KONSUMSI BBM/C02 EMISI
Dibawah Homologasi
* Dengan BBM oktan 98
** Dengan opsi komponen yang ringan

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.