Otoinfo.id – Di kelas NS150 ajang Mandalika Racing Series 2025 Seri 3, juga meninggalkan catatan yang tak kalah pentingnya dari kelas NS250 yang kini sedang ramai dan hangat dibahas. Itu lantaran adanya aturan baru di kelas 150 cc yang disebut lebih melonggarkan Honda CBR150 dibandingkan Yamaha R15.
Tentu saja, harapannya agar balapan jadi seru dan tidak itu-itu saja yang menang. Tapi jika berkaca dari seri ketiga lalu, terbukti bahwa Yamaha R15 masih dominan walaupun terjegal oleh regulasi RPM yang disunat.
Oh ya, sebagai gambaran di seri ketiga ini ada perubahan regulasi pembatasan RPM untuk Yamaha. R15 dipatok 13.800 RPM, sedangkan Honda CBR150 di angka 14.200 RPM. Selisihnya 400 RPM.
Honda dibolehkan bore up untuk mengikuti cc dari Yamaha R15 yakni 155 cc. Jadi boleh ganti piston yang lebih bisar. Kemudian khusus Honda, klep juga dibolehkan diperbesar.
Namun fakta di lapangan Yamaha R15 masih dominan. Nah, pertanyaan kritisnya kenapa Honda masih belum optimal walaupun sudah diberikan kelonggaran?
Dari info yang beredar, ketersediaan part Honda dan harga yang relatif tinggi dibanding Yamaha jadi sebabnya. Bisa dicek untuk contoh perbandingan harga silinder blok.
Atau bisa jadi adalah langkah riset dari mekanik yang tidak intens. Mengingat hanya beberapa mekanik saja yang riset mesin dari Honda CBR150 ini.
More Stories
Benaya Farel Siap Kejar Poin di Manahadap Seri 3 Wonogiri, Gabung Dua Tim!
Erfin Firmansyah Siap Ramaikan Superchallenge Super Prix 2025 Seri 3 di Tasikmalaya
Aydan, Adra, dan Faith, Trio Kakak-Beradik Pembalap Cilik Malaysia Berjaya di Balap Pocket Bike