Busi Kok Cepat Mati? Wajib Baca, Ternyata Ini Penyebabnya!

Otoinfo.id-Kecil-kecil cabe rawit. Yap, namanya adalah busi. Bentuknya memang  kecil namun perannya sangat penting. Khusunya pada kendaraan yang masih menggunakannya sebagai bagian dari proses pembakaran. Walaupun bentuknya kecil, namun busi memiliki fungsi penting pada sepeda motor. Bahkan busi masuk dalam daftar perawatan service rutin.

Baca Juga : Ban Tubeless Motor Sering Bocor Alus? Inilah Penyebabnya

Masa pakai ideal busi yakni 8.000 sampai 10.000 km. Namun masa pakai bisa tidak sesuai aturan jika bagian motor kalian dalam keadaan tidak standar atau mengalami kerusakan. Makannya harus benar-benar diketahui. Nah, kenapa sih busi kok cepat mati? simak ulasannya dibawah ini.

Dalam hal perawatan bisa melakukan pembersihan di setiap 4.000 km. “Saat membersihkan usahakan mesin motor dalam keadaan dingin setelah busi dilepas bisa menyiramnya dengan bensin pada bagian kepala dan membersihkan kerak pembakaran dengan menggunakan sikat kawat”,ungkap Mas Johari mekanik bengkel Karya Mandiri Banjarnegara.

Baca Juga : Motor Matic Kurang Bertenaga Di Jalan Menanjak? Ini Penyebabnya

Usai bersih, bisa mengeringkannya dengan kompresor dan memasangnya kembali. Namun terkadang ada beberapa faktor yang menyebabkan masa pakai busi tidak sesuai aturan tertulis :

Kompresi Mesin Bocor

Tenaga mesin yang mengempos bisa disebabkan oleh kompresi yang bocor, hal ini tentunya membuat busi bekerja keras dalam menghasilkan pembakaran di dalam mesin.

Salah Pemasangan

Tak jarang pengendara motor masih ada yang salah dalam memasang busi motor, tidak boleh longgar atau bahkan tidak sesuai dengan jalur baut (ulir) atau dratnya. Terlihat sepele namun kondisi ini bisa menyebabkan banyak masalah pada mesin, mulai dari tenaga motor yang ngempos, hingga busi yang jadi cepat mati.

Asupan Bahan Bakar

Bensin yang terlalu boros tentunya membuat kerja busi semakin ekstra. Pasalnya busi akan semakin banyak tersiram bensin atau biasa kita kenal dengan busi basah. Oleh karena itu kalian wajib melakukan penyetelan sesuai kapasitas mesin.

Jalur Pengapian Korslet

Motor brebet bisa disebabkan karena jalur pengapian yang korslet, hal ini juga bisa membuat beberapa komponen rusak karena kapasitas listrik yang tidak sesuai, bahkan busi juga ikut mengalami gangguan jika jalur pengapian korslet, solusi yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan disetiap jalur pengapian.

Baca Juga : Jangan Sampai Menyesal, Inilah Pentingnya Kick Starter Saat Memanaskan Motor Injeksi!

Nah, jadi jangan sampai terlambat ya. Lakukan perawatan secara rutin agar busi selalu dalam kondisi yang prima. Karena jika sampai kondisinya buruk tentunya harus segera diganti sebelum menjalar kebagian lainnya. Oke, semoga bermanfaat. Taufik