Ban Tubeless Motor Sering Bocor Alus? Inilah Penyebabnya

Otoinfo.id-Kini ban tubeless mulai menjadi andalan pengendara motor. Meski ban tubeless diklaim mampu lebih lama bertahan dan lebih kuat dari pada ban tubetype, tetap saja ban tubeless tidak luput dari kebocoran. Jika mengalami bocor halus biasanya hanya terasa kempes perlahan-lahan bahkan bisa dalam hitungan hari.

Baca Juga : Bahaya Motor Kekurangan Oli, Berakibat Fatal Jangan Sampai Menyesal!

Apabila ban motor kalian sering mengalami bocor halus tanpa adanya sebab seperti tertusuk paku atau adanya krikil di bagian ban, tentunya ada penyebab lain yang wajib kalian periksa seperti :

1. Sambungan Ban dan Velg

Rapatkan bagian velg dan sisi ban bisa menggunakan lem atau sealer | Sumber foto : otozones.blogspot.com

Salah satu bagian yang wajib kalian periksa adalah sambungan ban dan velg. “Rapatkan bagian velg dan sisi ban bisa menggunakan lem atau sealer. Oleskan saja pada bagian pinggir velg”,tukas Mas Kunting mekanik (KRM) Karya Mandiri Motor.

Baca Juga : Jangan Sampai Menyesal, Inilah Pentingnya Kick Starter Saat Memanaskan Motor Injeksi!

Apabila pengolesan lem tersebut kurang rata, maka besar kemungkinan velg dan ban akan muncul rongga yang menyebabkan anginya keluar dari celah tersebut. Selain itu penyebab angin keluar dari rongga velg yakni disebabkan oleh kondisi velg yang sudah bengkok akibat benturan dengan benda-benda keras.

2. Pentil Ban

Pentil ban menjadi bagian penting ketika kalian akan menggunakan ban tubeless. | Sumber foto : Tokopedia

Bocor halus pun ada kaitannya dengan pentil ban. Pentil ban menjadi bagian penting ketika kalian akan menggunakan ban tubeless. Terkadang masa pakai membuat pentil ban menjadi penyebab bocor halus dan bagian ini wajib kalian periksa ketika bocor halus. Jangan dibiarkan saja. Segera bawa ke bengkel terdekat lakukan penggantian jika sudah dalam kondisi yang cukup parah.

Baca Juga : Paling Fatal! 4 Efek Samping Kehabisan Bahan Bakar Pada Motor Injeksi

3. Ban Aus

Penyebab ban tubeless sering bocor halus yaitu keadaan ban yang sudah usang dan aus. | Sumber foto : Otomotif BaBe

Nah, penyebab terakhir ban tubeless yang sering bocor halus adalah ban yang sudah usang dan aus. Ban yang digunakan dalam jangka waktu yang lama dengan medan yang cukup landai, memiliki resiko aus yang lebih besar karena selalu bergesekan dengan benda halus.

Baca Juga : Sering Merasa Capek Saat Berkendara? Ini Posisi Riding Yang Benar!

Jadi jangan sampai terlambat ya. Selalu periksa agar kendaraan tetap nyaman di gunakan. Ingat! periksa secara rutin. Oke, semoga bermanfaat. Taufik