Sering Merasa Capek Saat Berkendara? Ini Posisi Riding Yang Benar!

Otoinfo-Saat sedang berkendara kadang merasa lelah dan gampang capek. Padahal sobat tidak menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh. Apa penyebabnya? Nah, mungkin posisi riding sobat masih belum benar. Pasalnya posisi tubuh ketika berkendara sangatlah penting.

Posisi badan yang benar saat berkendara bisa menjadi alasan mudah pengendara merespon situasi yang berubah secara mendadak atau tiba-tiba. Maka jika sobat berkendara dengan posisi badan yang benar, rasa capek itu tidak akan datang. Berkendara dengan keadaan capek bisa berbahaya karena sangat mengganggu fokus pengendara.

Baca Juga : Motor Matic Kurang Bertenaga Di Jalan Menanjak? Ini Penyebabnya

Tentu sobat tidak mau sampai terjadi apa-apa saat berkendara kan? Yups, jangan risau. Berikut ini adalah posisi badan yang bikin nyaman saat berkendara dan pastinya tidak bikin gampang capek. Simak penjelasannya berikut ini.

Jangan Kaku, Posisi Pegang Grip Setang Harus Santai.

Motor Yamaha R15 : ‘Jangan Kaku, Posisi Pegang Grip Setang Harus Santai.’

Timbul rasa nyeri baik hanya sesaat ataupun berkelanjutan pada pergelangan tangan bisa mengganggu keseimbangan ketika mengendarai kendaraan. Nah ini cara mengatasinya!

Baca Juga : Awas Rem Blong! Ini Dia Cara Menggunakan Rem ‘CBS’ Motor Matic Dengan Benar

Posisi pegang grip setang harus santai, jangan kaku sedikit menyiku untuk menciptakan rasa rileks dan keluwesan saat di tikungan yang biasa hingga tikungan yang tajam, intinya jangan kaku”. Tutur Bang Doni yang sudah malang melintang ‘touring’ dengan motor Yamaha R15 miliknya. Nah, tentu ini menjadi salah satu poin penting yang harus di perhatikan sebab posisi yang salah bisa membuat tangan pegal bahkan sampai keseleo saat kondisi pengereman secara mendadak ataupun saat menghadapi belokan yang tajam.

Pandangan Ke Depan

Motor Yamaha R15 : ‘Pandangan Fokus Ke Depan’

Penting untuk selalu berpandangan fokus ke depan saat berkendara. Pandangan sobat saat riding harus fokus terhadap objek yang sobat lihat. Yap tepatnya adalah Berkonsentrasi. Karena sangatlah penting berkonsentrasi terhadap arah tujuan.

Baca Juga : Tak Perlu Repot, Ini Cara Ampuh Bersihkan Rantai Dan Gir Motor Dalam 3 Menit

Posisi Lutut Harus Benar Dan Nyaman

Motor Yamaha R15 : ‘Posisi Lutut Harus Benar Dan Nyaman’

Tempelkan kedua lutut sobat pada tangki jika menggunakan motor “laki-laki” (motorsport) karena itu bisa membantu menjaga keseimbangan saat berkendara dan untuk motor non-sport posisi lututnya menghadap ke depan. Posisi yang siap akan memudahkan sobat ketika harus melakukan pengereman secara mendadak.

Posisi Duduk Yang Tepat

‘Posisi Duduk Yang Tepat’

“Posisi duduknya harus tepat agar mudah menggerakan lengan ke kanan dan kaki, jangan duduk terlalu ke depan ataupun kebelakang karena hal itu justru bisa mengganggu keseimbangan” tambahnya. Hal inilah yang sering membuat sobat sering merasa capek saat berkendara.

Baca Juga : Jangan Sampai Menyesal, Inilah Pentingnya Kick Starter Saat Memanaskan Motor Injeksi!

Nah, bagaimana sobat Ontoinfo? sekarang sudah paham ya. Jadi sangat penting untuk selalu memperhatikan posisi riding agar tidak gampang capek dan jangan lupa juga savety riding dengan menggunakan helm saat berkendara! Oke, semoga bermanfaat! TaufikNR