Bahaya Motor Kekurangan Oli, Berakibat Fatal Jangan Sampai Menyesal!

Otoinfo.id-Tau nggak nih sobat Otoinfo kalau motor yang kekurangan oli dampaknya berbahaya? Yap, tepat sekali sangat berbahaya jika motor sobat kekurangan oli karena oli memiliki fungsi yang cukup penting untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor. Cairan pelumas ini sangat di butuhkan untuk menunjang kinerja mesin maupun komponen lainnya. Simak penjelasannya dan apa saja efek yang akan di timbulkan jika motor sobat kekurangan oli.

Baca Juga : Motor Matic Kurang Bertenaga Di Jalan Menanjak? Ini Penyebabnya

Efek kalau motor kekurangan oli ini nggak sembarangan lho, mulai dari komponen yang akan cepat haus sampai bisa sebabkan turun mesin. Walaupun efeknya nggak terasa secara langsung namun lama kelaman akan terasa terutama terhadap performa motor.

‘Selalu Cek Oli Motor, Jangan Sampai Kurang Dari Takaran’

Akibat Yang Ditimbulkan Jika Motor Kekurangan Oli

Salah satu akibat yang di timbulkan dari kekurangan oli mesin adalah pelumasan mesin menjadi kurang optimal. Terlebih ketika di pagi hari, saat motor di nyalakan pompa oli di pastikan bekerja lebih berat. Kenapa bisa berat? di sebabkan karena debit oli yang kurang.  “Ya Kalo untuk efeknya motor bisa ngebul di tambah lagi suhu mesin menjadi jauh lebih panas” ungkap Mas Kunting mekanik ‘KRM’ Karya Mandiri bengkel sepeda motor di Banjarnegara.

Baca Juga : Jangan Sampai Menyesal, Inilah Pentingnya Kick Starter Saat Memanaskan Motor Injeksi!

Foto : Motorplus | Motor Ngebul Juga Salah Satu Akibat Dari Kurangnya Oli Mesin

Tidak hanya itu, masih ada lagi efek negatif yang di timbulkan dari kurangnya oli mesin. “Kalau untuk Komponen di bagian mesin seperti silinder, blok, dan ring piston kurangnya oli membuat lebih cepat aus, jika cepat aus berarti umur pemakaiannya jadi lebih pendek.” tambahnya.

Bahayanya hal ini bisa membuat kompresi motor menjadi lemah dan perlahan kinerja mesin dijamin akan menurun. Dampak yang paling fatal dari kekurangan oli adalah motor bisa turun mesin! Jelas hal tersebut tidak di inginkan jika motor kesayangan sobat sampai mengalami turun mesin. Sobat harus merogoh kocek dalam-dalam, secara untuk biaya pengerjaan turun mesin tidak murah.

Baca Juga : Sering Merasa Capek Saat Berkendara? Ini Posisi Riding Yang Benar!

Nah, sudah jelas kan apa yang akan terjadi jika motor kekurangan oli. Sudah sepatutnya melakukan pengecekan secara rutin karena oli mesin perannya sangat penting pada sepeda motor. Ingat! Pastikan bahwa oli motornya asli dan harus melakukan perawatan atau servis secara rutin. Motor yang perawatannya rutin tentunya lebih nyaman di pakai untuk aktifitas harian. Oke, semoga bermanfaat! TaufikNR