Cermati Ini Sebelum Touring dengan Motor Matic, Pastinya Biar Aman!

Sumber Foto: Indonesia Lexi Club Jakarta

Otoinfo.id – Saat ini touring tak hanya dilakukan oleh motor-motor model adventure ataupun naked. Tidak dipungkiri motor matic pun sudah banyak yang dipakai buat touring. Apalagi saat ini juga sudah banyak komunitas matic yang kerap melakukan touring.

Tentunya dengan mengendarai motor matic, touring pun jadi lebih praktis. Nah, agar motor matic tetap sehat dan aman saat dikendarai dalam jarak yang jauh, tentunya harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Baca Juga : Tips: Cara Cek CDI Apakah Masih Maksimal atau Harus Diganti!

“Yang pasti paling penting cek kondisi Vanbelt masih bagus atau gak,bisa dilihat dari kondisinya udah pada retak atau belum karetnya. Terus kondisi roller juga udah para peang belum,” buka Baba ZeaL dari komunitas YLCJ (Yamaha Lexi Community Jakarta).

Baba ZeaL juga mengingatkan kalau seal kruk as jangan lupa untuk dicek. “Biasanya rawan rembes yang berakibat motor jadi selip jika tidak diganti. Sama kampas ganda juga kalau udah tipis wajib diganti sekalian,” katanya.

Lebih lanjut, oli mesin juga wajib masuk daftar pengecekan. Menurut Baba ZeaL oli mesin sebaiknya diganti terlebih dahulu sebelum melakukan touring jauh. Jangan lupa juga untuk mengecek busi, kampas rem dan lampu-lampu.

Baca Juga : Tips: Gunakan Kalsium Karbonat untuk Rawat Poles di Musim Hujan

“Terakhir cek tekanan ban,” tukasnya. Ya, langkah pengecekan tersebut memang harus dilakukan. Mengingat motor matic perlu perawatan yang lebih. Pastinya pula agar lebih aman dan nyaman serta lancar tanpa ada kendala pada motor. Aji