Otoinfo – Motor sport fairing Honda CBR telah menjadi simbol kecepatan dan performa sejak pertama kali diperkenalkan. Di Indonesia, Honda CBR 150R memiliki sejarah panjang dengan berbagai model yang menawarkan teknologi dan desain yang semakin canggih.
Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara mendetail berbagai tipe CBR 150R yang pernah mengaspal di Indonesia, lengkap dengan spesifikasinya.
Honda CBR 150R Thailand (2002)
CBR 150R pertama kali masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2002 melalui skema CBU (Completely Built Up) alias impor utuh dari Thailand oleh importir umum (IU).
Pada masanya, motor ini dianggap memiliki spesifikasi dewa karena tidak ada tandingannya di Indonesia. Berikut adalah beberapa spesifikasi utama dari CBR 150R Thailand:
- Sasis:Â Twin spar
- Mesin:Â 150 cc, 4-tak DOHC
- Transmisi:Â Manual 6-percepatan
- Sistem Pendingin:Â Radiator
- Power:Â 17,5 dk
- Torsi:Â 12 Nm
Desainnya yang menawan membuat banyak produsen motor Cina meniru bentuknya. Mesin overbore dengan diameter 63,5 mm dan stroke 47,2 mm mampu memuntahkan tenaga besar yang cukup untuk mendominasi motor-motor lain di eranya.
Honda CBR 150R Generasi Kedua (2010)
Pada tahun 2010, Honda meluncurkan generasi kedua CBR 150R, masih diimpor dari Thailand, namun kali ini melalui Astra Honda Motor (AHM). Model ini mengalami perubahan signifikan dari segi desain dan teknologi:
- Desain:Â Lebih bulky dengan single headlamp berbentuk V
- Sasis:Â Twin spar
- Sistem Bahan Bakar:Â Injeksi (menggantikan karburator)
- Power:Â 17,8 dk
- Torsi:Â 12,6 Nm
Perubahan terbesar adalah penggunaan sistem injeksi yang meningkatkan efisiensi bahan bakar dan tenaga mesin.
Honda CBR 150R (K45) (2014)
CBR 150R K45 merupakan model pertama yang diproduksi di Indonesia pada tahun 2014. Beberapa perubahan utama dari model ini meliputi:
- Sasis:Â Diamond truss (menggantikan twin spar)
- Headlamp:Â Dual headlamp dengan desain tajam
- Power:Â 17,1 dk
- Torsi:Â 13 Nm
Model ini juga dilengkapi dengan monosok belakang yang memiliki sistem pro-link, meningkatkan stabilitas dan kenyamanan berkendara.
Honda CBR 150R (K45G) (2016)
Tahun 2016, Honda memperkenalkan CBR 150R K45G dengan desain yang lebih sporty dan teknologi yang lebih modern:
- Desain:Â Lebih racy dan menggunakan lampu LED
- Sasis:Â Teralis dengan rancangan baru
- Mesin:Â Overstroke dengan diameter 57,3 mm dan stroke 57,8 mm
- Fitur Tambahan:Â Rocker arm untuk mengurangi gesekan pada camshaft
Perubahan konfigurasi mesin dan tambahan teknologi terbaru menjadikan model ini lebih efisien dan bertenaga.
Honda CBR 150R (K45N) (2018)
Pada tahun 2018, Honda melakukan facelift pada CBR 150R dengan kode K45N. Beberapa perubahan kecil namun signifikan dilakukan untuk meningkatkan estetika dan performa:
- Windshield:Â Lebih besar untuk mengurangi hambatan angin
- Desain Fairing:Â Diperhalus dengan lekukan yang lebih aerodinamis
CBR 150R (K45R) (2021)
Model terbaru yang diperkenalkan pada tahun 2021 adalah CBR 150R K45R. Mengadopsi desain dari kakaknya, CBR250RR, model ini memiliki beberapa fitur unggulan:
- Desain:Â Lampu sein di atas headlamp yang sipit, memberikan aura big bike
- Suspensi:Â Upside down
- Fitur Keamanan:Â ABS dan Assist/Slipper Clutch
- Power:Â 16,8 dk
- Torsi:Â 14,4 Nm
Model ini menawarkan peningkatan pada sistem suspensi dan fitur-fitur yang membuat pengendaraan lebih nyaman dan aman.
CBR 150R memiliki perjalanan panjang di Indonesia dengan berbagai model yang selalu membawa inovasi dan peningkatan teknologi.
Dari impor utuh dari Thailand hingga produksi lokal dengan desain dan fitur canggih, CBR 150R terus menjadi pilihan utama bagi penggemar motor sport fairing di Indonesia.
Kami berharap ulasan ini membantu Anda mengenal lebih dekat evolusi CBR 150R di Tanah Air. Otoinfo