Friday, June 27, 2025
spot_img

Honda CBR250RR: Kembali ke Era 4 Silinder!

Otoinfo.id – Sebelum Kawasaki ZX-25R yang saat ini menjadi incaran para pecinta motor sport lahir, Honda sudah lebih dulu memperkenalkan motor dengan mesin 250 cc 4 silinder. Motor sport fairing tersebut dikenal dengan nama Honda CBR250RR dengan kode MC22. Dijuluki sebagai Baby Fireblade, motor ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1990.

Pada saat itu, meski Kawasaki ZX-25R belum muncul, Honda CBR250RR MC22 sudah memiliki beberapa pesaing di kelas 4 silinder, seperti Kawasaki ZXR-250, Suzuki GSX-R250, dan Yamaha FZR250R. Persaingan di segmen motor 250 cc 4 silinder pada era 90-an bahkan lebih sengit dibandingkan sekarang.

Bicara soal spesifikasi, Honda CBR250RR MC22 dibekali mesin DOHC 4-tak berkapasitas 249 cc dengan 4 silinder. Motor ini masih menggunakan sistem pengabutan bahan bakar karburator, berbeda dengan teknologi injeksi yang kini lebih umum digunakan.

Setiap silinder CBR250RR MC22 dilengkapi dengan karburator Keihin berukuran venturi 29 mm. Berdasarkan informasi dari bike-urious.com, mesin 4 silinder ini mampu mencapai putaran mesin lebih dari 19.000 rpm. Di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 45 dk pada 14.500 rpm dan torsi maksimal 23,5 Nm pada 11.500 rpm. Jika dibandingkan dengan Kawasaki ZX-25R yang saat ini memiliki tenaga maksimal 50 dk pada 15.500 rpm dan torsi 22,9 Nm pada 14.500 rpm, performa CBR250RR MC22 ini masih sedikit di bawahnya.

Honda CBR250RR MC22 ini dilengkapi dengan transmisi manual 6-percepatan dan memiliki bobot keseluruhan sekitar 145 kg. Dengan kombinasi tersebut, motor ini diklaim mampu melaju hingga kecepatan maksimum 185 km/jam. Desainnya yang full fairing dengan bodi membulat khas motor sport era 90-an membuatnya tampil menarik pada masanya.

Baca Juga:  Terbaru! Yamaha MT15 2024 Meluncur dengan Desain Berkarakter dan Performa Mesin yang Tiga Kali Lebih Kuat!

Sayangnya, meskipun memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni, masa produksi CBR250RR MC22 tidak berlangsung lama. Honda menghentikan produksinya pada tahun 2000, seiring dengan menurunnya minat pasar terhadap motor sport di tanah air. Namun, di tengah kebangkitan motor sport saat ini, akankah Honda mempertimbangkan untuk kembali menghadirkan CBR250RR bermesin 4 silinder? Mari kita nantikan!

Latest Posts