Otoinfo – Industri otomotif semakin memanas dengan kabar terbaru dari raksasa teknologi asal China, Huawei. Perusahaan tersebut tengah bersiap untuk menghadirkan mobil listrik mewah yang akan menjadi pesaing serius bagi Rolls-Royce dan Maybach di pasar Eropa.
Kabar mengenai rencana Huawei untuk meluncurkan mobil listrik mewah ini menjadi sorotan utama karena dijanjikan akan menjadi lebih mewah dibandingkan dengan produk-produk sekelasnya, namun dengan harga yang lebih terjangkau.
Huawei akan menjalin kerjasama dengan JAC, perusahaan manufaktur mobil asal China, dalam mendirikan perusahaan patungan untuk menghasilkan mobil listrik mewah ini.
Yu Chengdong, Chairman Huawei, menyatakan bahwa model sedan pertama yang akan diluncurkan akan menjadi daya tarik bagi masyarakat kelas atas di Eropa.
Ini bukan kali pertama Huawei terlibat dalam industri otomotif, sebelumnya perusahaan ini telah meluncurkan mobil crossover dan sedan yang mendapat sambutan baik.
Investasi besar senilai USD30 miliar yang telah dilakukan oleh Huawei menandakan keseriusan perusahaan ini dalam bersaing di pasar otomotif, khususnya di segmen ultra-mewah. Rencananya, mereka akan menawarkan mobil sedan mewahnya dengan harga sekitar 1 juta yuan (USD140.000) atau sekitar Rp2,28 miliar.
Harga ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Maybach dan Rolls-Royce yang biasanya dijual dengan harga kisaran USD200.000 hingga USD300.000.
Mengusung misi untuk mengubah pasar mobil mewah, Huawei optimis dengan strategi harga yang lebih terjangkau namun tetap menawarkan kualitas dan kemewahan yang sama dengan pesaingnya.
Model-model kendaraan listrik mewah yang akan diluncurkan nantinya akan memiliki integrasi teknologi yang canggih, dengan fasilitas produksi yang diharapkan selesai dalam beberapa bulan ke depan.
Huawei telah merilis beberapa model kendaraan listrik mewah seperti Luxeed S7 dan Aito M9, dengan jangkauan baterai antara 430-530 mil. Meskipun demikian, dalam penggunaan sehari-hari, jangkauan yang dapat dicapai kemungkinan lebih mendekati 300-400 mil.
Dengan berbagai model yang ditawarkan, Huawei berencana untuk menjangkau berbagai segmen pasar, dari ultra-high-end dengan brand JAC, hingga kelas atas dengan brand Xiangjie, serta mid-range dan mid-to-high-end dengan brand Zhijie.
Dengan strategi yang matang dan komitmen yang kuat, Huawei siap untuk menempatkan dirinya sebagai pemain utama dalam pasar mobil listrik mewah, menghadirkan inovasi dan alternatif yang menarik bagi konsumen di seluruh dunia. Otoinfo