

Otoinfo.id- Motor Honda BeAT FI kini memiliki lampu khusus yang dikenal sebagai Malfunction Indikator Lamp (MIL). Jika ada sesuatu yang tidak beres pada sistem injeksi di motor Honda, MIL akan menyala dan berkedip sebagai tanda adanya masalah. Lampu MIL berfungsi sebagai lampu indikator jika ada kerusakan pada sistem injeksi sepeda motor. Lantas apa saja kode kedip pada MIL ini?



Baca Juga : Wajib diketahui Pemilik, Ternyata Ada Delapan Komponen Honda Beat yang Perlu diganti Secara Berkala !


Sebelumnya, anda perlu tahu bahwa ada dua jenis kedipan lampu yakni
- Kedipan pendek yang berlangsung selama 0,3 detik, kedipan ini memiliki arti 1
- Kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik, kedipan ini memiliki nilai 10
setiap kedipan dalam satu pola itu memiliki jeda yang singkat, ketika jedanya lama (lebih dari 1 detik) itu berarti periode atau pola kedipan sudah berakhir.
Contohnya, lampu indikator berkedip sekali dengan durasi 1,3 detik diikuti dua kedipan pendek. Itu bisa dibaca 10 + 2 = 12. Jadi kode kerusakannya adalah 12.
Baca Juga : Berapa Sih Ukuran Ban Motor Standar Pabrikan Honda BeAT?
Lalu apa saja arti dari setiap kedipan itu ?
1. Kedipan 1: sensor MAP (manifold Absolute Pressure)
Terjadi kerusakan pada sensor MAP, tingkat kevakuman pada intake manifold menjadi tidak stabil. Dampaknya akselerasi kurang optimal walau kinerja mesin normal. Pasalnya, tenaga di putaran atas berkurang.
2. Kedipan 7: sensor EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)
Masalah muncul karena sensor ECT tidak berfungsi. Bisa jadi juga karena terjadi putus sambung (intermitten failure) antara soket sensor ECT dan EOT. Hal ini menyebabkan motor menjadi sulit dinyalakan pada suhu rendah. Mesin pun lebih cepat panas.
3. Kedipan 8: sensor TP (Throttle Position)
Konektor unit sensor yang longgar bisa menyebabkan kode MIL Honda ini muncul. Efeknya, akselerasi Honda Beat kurang baik, tapi boros bahan bakar. Selain itu, mesin juga sering mati tiba-tiba.
Baca Juga : Tips : Perhatikan Takaran Isi Oli Mesin Honda All New Beat, Jangan Di Isi Semua,Kenapa?
4. Kedipan 9: sensor IAT (Intake Air Temperature)
Sama seperti sensor TP, konektor pada IAT juga bisa kendur. Akibatnya motor terasa ‘lemot dan keluaran daya lemah di putaran menengah.
5. Kedipan 12: sensor Injektor
Apabila muncul kode MIL Honda dengan kedipan panjang satu kali dan dua kali kedipan pendek, maka ada kerusakan pada sensor injektor. Di sini mesin tidak dapat menyala. Otomatis injektor, pompa bahan bakar maupun coil pengapian ikut mati.
6. Kedipan 21: sensor O2 – Oxigen sensor
Kerusakan sensor O2 membuat mesin sulit menyala. Pendeteksian paling mudah adalah adanya letupan dari bagian knalpot Honda Beat.
Baca Juga : Tips: Honda BeAT Injeksi Sering Mati Mendadak? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya!
7. Kedipan 29: sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Bukan cuma susah dinyalakan, putaran stasionernya pun terasa kasar dan boros bahan bakar ketika motor diajak berkendara.
8. Kedipan 33: ECM (Engine Control Module)
Pada kode ini kerusakan motor cukup fatal karena ECM tidak berfungsi. Akibatnya mesin tidak dapat dihidupkan. Sekalipun bisa nyala, bakal sering mati.
9. Kedipan 52: sensor CKP (Crankshaft Position)
Kejadian serupa juga bisa dialami saat Anda menemukan kode 52. Andaikata bisa hidup, stasioner mesin kasar dan akselerasi turun di setiap putaran mesin (bawah, tengah maupun atas).
Baca Juga : Honda BeAT Day Yogyakarta Ajak Komunitas Berkendara dan Berbagi
10. Kedipan 54: sensor BAS (Bank Angle Sensor)
Sensor BAS menyala saat motor terjatuh. Lalu sensor akan mengirimkan informasi ke ECU untuk kerja fuel pump, injektor dan ignition oil dan membuat mesin mati.