Thursday, June 26, 2025
spot_img

Ini Dia! Sensasi Berkendara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Otoinfo – Setelah melalui pembahasan eksterior, interior, performa, dan fitur.

Saatnya kami merinci pengalaman berkendara di balik kemudi Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Pada kesempatan ini, tim redaksi mencoba Agya tipe G CVT dan Ayla 1.2 R CVT ADS, keduanya dengan mesin berkapasitas 1.200 cc.

Mesin All New Ayla, berjenis WA-VE tiga silinder 1.200 cc, mampu menghasilkan tenaga 86,7 tk dan torsi 113 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT, sesuai dengan dapur pacu Agya yang juga mengusung mesin tiga silinder.

Baca Juga:  Suzuki SX4 X-Over! Eksplorasi Kelebihan dan Kekurangan Crossover Andalan Era 2000-an

Mengingat keduanya diproduksi oleh Daihatsu, tak ada perbedaan rasa berkendara yang mencolok.

Visibilitas yang diberikan oleh Agya dan Ayla cukup memuaskan.

dengan pilar A yang tidak terlalu tebal, memberikan pandangan yang baik ke depan, belakang, serta samping kanan dan kiri.

Saat menekan pedal gas, respons kedua mobil ini pada putaran bawah terasa cukup responsif, sambil menghadirkan getaran mesin tiga silinder yang minim.

Saat pedal gas ditekan lebih dalam, baru terasa karakteristik tiga silinder pada keduanya, yang tercermin dalam getaran mesin.

Baca Juga:  Perbedaan BMW iX xDrive50 dan iX xDrive40: Spesifikasi, Fitur, Harga, dan Ketersediaan

Namun, selain dari itu, perpindahan gigi dengan sistem D-CVT terasa sangat halus tanpa jeda yang mengganggu.

Kedua mobil ini dilengkapi dengan fitur ECO yang aktif saat mencapai kecepatan di atas 20 km per jam, meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Saat melakukan manuver pada kecepatan tinggi, handling keduanya juga terasa lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Perlu dicatat, Toyota Agya tipe G CVT telah dilengkapi dengan paddle shift, memungkinkan pengemudi mengendalikan perpindahan gigi secara manual melalui tuas paddle shift di belakang kemudi.

Performa yang dihasilkan terasa lebih kuat, memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan.

Baca Juga:  Misteri Kenaikan Harga Yamaha Touch 125: Motor Langka yang Kembali 'Mengamuk' di Pasar!

Perlu dicatat bahwa Ayla 1.2 R CVT ADS belum dilengkapi dengan audio steering switch dan masih menggunakan model jok ‘pocong’ yang menyatu.

Sebaliknya, Agya sudah dilengkapi dengan model headrest terpisah dan audio steering switch, memberikan nilai tambah bagi Agya, terutama untuk tipe tertinggi Ayla.

Meskipun demikian, secara keseluruhan, pengalaman mengendarai Agya dan Ayla generasi terbaru ini sangat menyenangkan.

Meski minim fitur, mobil LCGC dari Daihatsu dan Toyota ini sudah cukup mumpuni untuk perjalanan di perkotaan.Otoinfo.

Latest Posts