Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Jangan Asal Copot Thermostat! Mesin Mobil Sering Overheat? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jangan Asal Copot Thermostat! Mesin Mobil Sering Overheat? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jangan Asal Copot Thermostat! Mesin Mobil Sering Overheat? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Otoinfo.id – Banyak pemilik mobil bekas panik ketika mesin mobil sering overheat, lalu mengambil jalan pintas dengan mencopot thermostat. Padahal, langkah ini justru bisa berdampak negatif terhadap performa mesin secara keseluruhan.

Thermostat berperan penting sebagai katup pengatur aliran air radiator, agar sistem pendingin bekerja secara optimal di setiap suhu kerja mesin. Bila dicopot sembarangan, efeknya bisa cukup fatal!

Cabut Thermostat Bukan Solusi, Ini Penjelasan Ahlinya

Menurut Suparna, Service Manager Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, mencopot thermostat bukanlah solusi ideal.

“Sebenarnya cabut thermostat ini bukan solusi yang pas untuk mesin yang mengalami overheat,” jelasnya.

Jika thermostat terlihat berkarat atau rusak, penggantiannya dengan yang baru adalah langkah yang tepat, bukan mencopot begitu saja.

Baca Juga:  Jangan Sampai Kap Mesin Macet! Begini Cara Merawat Pengunci Kap Biar Awet dan Anti Karat

Masih Overheat Setelah Ganti Thermostat? Ini Kemungkinan Lainnya

Kalau mesin tetap overheat meskipun sudah ganti thermostat, kemungkinan besar ada masalah lain di sistem pendingin. Dua komponen yang wajib diperiksa adalah:

  • Radiator: bisa saja tersumbat oleh kerak atau kotoran
  • Water pump: kemungkinan mengalami kerusakan atau tidak bekerja optimal
Baca Juga:  Piranti Tambahan Yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Kedua komponen ini harus berfungsi dengan baik agar sirkulasi air pendingin bisa lancar dan suhu mesin tetap stabil.

Baca Juga: Biar Motor Bekas Makin Irit! Rahasia Hemat BBM Ternyata Ada di Tekanan Angin Ban

Dampak Mencopot Thermostat: Mesin Sulit Capai Suhu Optimal

Bukannya mengatasi masalah, mencabut thermostat malah bikin mesin butuh waktu lebih lama untuk mencapai suhu kerja ideal. Akibatnya:

  • Konsumsi BBM jadi lebih boros
  • Performa mesin tidak maksimal
  • Komponen lain ikut bermasalah karena mesin bekerja dalam kondisi dingin terlalu lama
Baca Juga:  Wajib Tahu! Cara Merawat Rangka eSAF Honda Agar Tidak Keropos

 Lebih Baik Periksa, Bukan Copot

Daripada ambil jalan pintas yang bisa memicu kerusakan lanjutan, lebih baik lakukan pemeriksaan menyeluruh sistem pendingin, mulai dari radiator, thermostat, hingga water pump.

Baca Juga: Pikoli Gaspol Riset di SCP 2025 Medan! Siapkan Oli Khusus Kelas Underbone untuk Balapan High Speed

Copot thermostat bukan solusi, tapi justru bisa jadi awal dari masalah baru. Konsultasikan ke bengkel resmi atau teknisi berpengalaman agar mobil Anda kembali optimal.

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.