Jangan Sembarangan Beri Warna Krom Pada Komponen Sepeda Motor!

Jangan Sembarangan Beri Warna Krom Pada Komponen Sepeda Motor!

Otoinfo.id – Modifikasi dengan mengganti warna krom pada sepeda motor tentunya menjadikan motor semakin bersih dan mewah. Namun, sebelum melakukan pengekroman komponen motor, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

“Hasil krom bisa saja tidak maksimal atau sia-sia apabila tidak memperhatikan bahan yang ingin dibuat menjadi warna krom. Apalagi warna krom ini tidak murah,” ucap Akrom pemilik bengkel cat Arindra Custom Wonosobo.

Baca juga : Tips: Pakai Pully dan Roller Kawahara, Bikin Yamaha NMax Makin ‘Ngacir’!

Bahan-bahan yang bisa dilapisi krom adalah bahan logam (alumunium, babet, besi, kuningan, dan tembaga). Untuk hasil yang maksimal, bahan-bahan tersebut, harus memiliki komposisi yang baik.

“Biasanya terjadi pada komponen-komponen aftermarket, yang punya kepadatan bahan yang rendah dibanding bawaan pabrik, sehingga hasil krom menjadi bintik-bintik. Biasanya kami memberi edukasi kepada konsumen terlebih dahulu,” tambahnya.

Baca juga : Kopling Kering Vs Kopling Basah, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Penjelasannya!

Akrom juga menganjurkan, komponen yang akan dikrom lebih baik komponen original dari pabrik yang sudah jelas materialnya bagus.

“Lebih baik kalau mau mengekrom bagian komponen sepeda motor, pakai yang ori saja. Kalau bahan yang aftermarket tidak bisa menjadi maksimal,” jelasnya. Bagus Adit