Mengungkap Kehebatan Saleen S7! Supercar Amerika yang Menyaingi Ferrari dan Lamborghini

Mengungkap Kehebatan Saleen S7! Supercar Amerika yang Menyaingi Ferrari dan Lamborghini

OtoinfoMobil-mobil super selalu menjadi magnet perhatian dengan kombinasi kecepatan luar biasa, desain futuristik, dan teknologi canggih. Nama-nama besar seperti Ferrari dan Lamborghini kerap mendominasi perbincangan, namun ada satu mobil yang seringkali diremehkan meski memiliki performa yang tak kalah gemilang. Mobil itu adalah Saleen S7, sebuah mahakarya dari perusahaan tuning asal California Selatan, Saleen Autosport.

Pada awal tahun 2000-an, jika seseorang menginginkan mobil dengan performa luar biasa, biasanya mereka akan mengandalkan tuning. Saleen Autosport, yang dimiliki oleh pembalap terkenal Steve Saleen, adalah salah satu perusahaan yang dikenal dengan keahliannya meningkatkan performa mobil, khususnya Ford Mustang.

Baca Juga:   Terungkap! Honda Jepang Luncurkan Varian Super Four SP 2024 dan Super Bol d'Or SP 2024 yang Penuh Kejutan

Steve Saleen, dengan reputasinya yang legendaris, mampu meyakinkan eksekutif Ford untuk mengembangkan program Special Vehicle Operation (SVO) dan memperbaiki Mustang. Namun, impian terbesar Steve Saleen adalah menciptakan supercar sendiri.

Berbekal pengalaman bertahun-tahun dalam membangun Mustang, Saleen memulai pengembangan S7. Setelah sepuluh bulan melakukan penelitian dan pengembangan intensif, model praproduksi Saleen S7 akhirnya siap diluncurkan pada 19 Agustus 2000. Meskipun penjualan baru dimulai pada 2003, versi balap S7R segera meraih kemenangan spektakuler di lintasan balap.

Baca Juga:   Membara dalam Nostalgia: Ford Mustang 60th Anniversary Edition

Desain Saleen S7 terinspirasi dari McLaren F1, menggunakan platform McLaren sebagai patokan. Dengan bantuan program CAD dan pengujian aerodinamis di Universitas Skotlandia, Saleen berhasil menciptakan desain yang optimal. Mobil ini memiliki lebih dari 50 ventilasi dan insang yang tersebar di sekitar bodi, memberikan downforce yang cukup tanpa memerlukan sayap belakang.

Baca Juga:   Kelebihan dan Kekurangan Toyota Veloz: Mobil Keluarga yang Patut Diperhitungkan!

Mesin V8 7,0 liter yang digunakan pada kendaraan ini adalah hasil pengecoran sendiri, menggunakan crankshaft dan conrod dari baja, serta piston aluminium. Mesin ini dilengkapi dengan sistem pelumasan bak kering dan water pump yang dipasang di samping untuk menjaga suhu mesin tetap optimal.