Modifikasi YZF-R25: Café Racer Ala Jepang

Otoinfo.id – Kini makin banyak produsen motor mengincar model barunya dengan gaya klasik. Sebut saja Kawasaki Z 900 RS, Yamaha XSR 900, Honda CB 1000 R, Suzuki SV 650 X, BMW R 9 T hingga Ducati Scrambler. Uniknya gaya klasik tersebut cukup diterima pasar.

Nine Gate pun punya ide untuk meredesaign Yamaha YZF-R25 agar bisa bergaya klasik. “Ketika saat ini anda bertambah tua dan mampu membeli motor baru, tentu anda akan menginginkan sebuah motor yang tidak dapat anda beli ketika masih muda. Namun untuk merawat motor tua tentu dibutuhkan waktu dan uang. Kami memiliki konsep untuk mendesaign ulang motor baru agar bernuansa klasik,” jelas Keisuke Hosoi, perwakilan Nine Gate.

Karena R25 bergenre sport, rujukan desainnya pun langsung tertuju pada YZR-500 (OW 35 K, OW 45, OW 48/48 R) dimana motor ini pernah dipacu Kenny Roberts sehingga memperoleh juara dunia GP500 3 kali berturut-turut.

Karene ingin mirip dengan YZR-500, sementara dimensi YZR-500 sangat berbeda dengan R25, Nine Gate pun harus menggunakan skala khusus agar bisa sama. Contohnya adalah mengukur jarak mesin ke fairing YZR-500 dan dibandingkan dengan jarak mesin ke fairing milik R25.

“Cara ini kami butuhkan agar desainnya bisa sama dengan motor rujukan (YZR-500). Bahkan beberapa part kami reproduksi ulang agar memiliki kemiripan dengan yang asli, contohnya adalam rem Brembo yang harus dibuat ulang mengikuti R25,” lanjutnya.

Karena R25 ini akan digunakan harian, beberapa perangkat wajib difungsikan untuk memenuhi tuntuan aturan di jalan raya. Seperti penggunaan head lamp hingga spion.
Aura YZR-500 pada R25 ini pun makin kental lantaran motif yang digunakan pun sama persis dengan aslinya. “Motif ini yang membuatnya makin berbeda,” tutup Keisuke Hosoi. MT4

Baca Juga : Modifikasi Yamaha Byson (2011) Banjarnegara : Cafe Racer Daily Use!
Baca Juga : Modifikasi Suzuki A100: Awas Ada Anak Kuda
Baca Juga : Modifikasi Yamaha V-Ixion 2014: Anime Yang Bukan Hentai

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here