MotoGP: Fairing Ducati Belum Final, Pakai CFD Untuk Analisa Aerodynamic

Otoinfo.id – Walau sudah melakukan launching dan menunjukan sosok Desmosedisi GP19, ternyata desain fairing Ducati belum final. Masih aka nada perubahan selama sesi test resmi nanti. Dalam hal ini Ducati masih ada kemungkinan untuk melakukan ubahan sebelum akhirnya menggunakan fairing untuk mengarungi musim 2019.

“Di Qatar sebelum musim dimulai nanti, kami akan melakukan test fairing baru seperti biasanya,” terang Gigi Dall’Igna race director Ducati.

Baca Juga : Test Jerez MotoGP: Ducati Test Winglets Untuk Belakang

Namun bedanya, Ducati melakukan development aerodynamic berbeda dari sebelumnya. “Pengembangan aerodinamik ada 2 jenis, reality (wind tunnel dan sirkuit test) serta virtual reality (simulasi computer menggunakan CFD),” jelas Edoardo Lenoci, manager aerodynamic development Ducati.

Dan Ducati menggunakan konsep CFD untuk mengembangkan fairing. Setelah simulasi selesai, baru melakukan test di wind tunnel. “Kami mengenalkan CFD (Computational Fluid Dynamics) secara besar-besaran. Artinya penghitungan matematika simulai yang digunakan untuk mengetahui aerodinamik apa yang terjadi pada motor,” lanjut Lenoci yang pernah bekerja sebagai tim aerodinamik di F1 ini.

Menurut Lenoci, penggunaan CFD secara massive jauh lebih efisien. Tidak banyak waktu yang terbuang hanya untuk mengembangkan aerodynamic di wind tunnel. Pada akhirnya, insinyur aerodinamik akan jauh lebih banyak waktu mengembangkan fairing menggunakan simulasi komputer. MT4

Baca Juga : MotoGP: Ducati Uji Coba Torque Arm