MotoGP: Ducati Uji Coba Torque Arm

Otoinfo.id – Berbarengan dengan test winglets belakang, Ducati juga melakukan uji coba baru yang membuat semua mata melihat pada Ducati. Pasalnya pabrikan asal Bologna ini melakukan riset terhadap swingarm bar dengan sebutan torque arm.

Sepintas perangkat tambahan ini mirip stabilizer yang digunakan untuk membuat swingarm lebih kaku. Namun kenyataannya bukan itu. Sistemnya berbeda dibanding stabilizer swingarm karena seluruh dudukan tidak bertumpu langsung pada arm.

Ducati uji coba torque arm

Melainkan memiliki bushing yang terhubungan dari link suspensi belakang dengan kaliper rem belakang. Sehingga kaliper rem belakang pun menjadi floating. Nampaknya Ducati sedang riset stabilitas ketika motor melakukan pengereman (hard braking).

Dari motor Ducati pun memiliki sensor yang mengukur ketinggian motor ke aspal, sebab Ducati ingin mengetahui kerja ayunan swingarm saat pengereman dengan mengukur perbedaan ketinggian motor.

Terhubung pada kaliper rem belakang

Walau hasinya belum terasa secara signifikan, beberapa rider sepakat kalau torque arm menambah kestabilan ketika pembalap melakukan pengereman saat memakai rem belakang.

“Ada satu part yang kami coba, terlihat baik namun Dovi belum merasakan perbedaannya ketika dipasang,” jelas Danilo Petrucci.

Baca Juga : Test Jerez MotoGP: Ducati Test Winglets Untuk Belakang
Baca Juga : MotoGP: Terungkap Hitungan Down Force Pada Winglets Motor MotoGP

Menurut Jack Miller, riset tersebut bisa saja terus dilakukan untuk mencari titik maksimalnya. “Ada sisi negatif dan positif. Kami haru terus melakukan uji coba sedikit lagi dan memahami bagaimana part itu bekeerja. Jika belum ada efek, kami akan terus akan melakukan riset,” jelas Jack Miller.

Walau belum merasakan efek signifikan, namun Dovi Nampak antusias dengan part anyar tersebut. “Sepertinya akan membuat stabil saat rider menggunakan rem belakang. Dan seperti saya bilang, bahwa itu membutuhkan waktu lagi untuk terus diriset,” sebut Dovi. MT4