Otoinfo – Pada dekade 1990-an, Suzuki RGR 150 menjadi idaman banyak anak muda sebagai motor sport berkonsep fairing. Generasi pertama RGR 150, yang juga dikenal sebagai RGR Sprinter, menampilkan desain bodi yang khas dengan sentuhan nuansa kotak. Uniknya, fairing pada masa itu belum sepenuhnya menutupi bagian bawah mesin, menciptakan tampilan yang cukup menarik dengan garis desain mirip motor bebek Suzuki Sprinter di bagian belakang.
Walaupun fairingnya belum full, Suzuki RGR 150 generasi awal ini memiliki kesan racy, terutama dengan tambahan undercowl sebagai penutup mesin bagian bawah. Meskipun bukan motor sport full fairing, namun penampilan RGR 150 generasi pertama ini telah cukup menggoda di masanya.
Keistimewaan lain dari RGR 150 generasi ini terletak pada performa mesinnya yang tak kalah beringas. Mengusung mesin 2-tak berkapasitas 147 cc dengan bore x stroke 59,0 x 54,0 mm, motor ini memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi, yaitu 7,0:1. Meskipun menggunakan pendingin udara tanpa radiator, RGR 150 generasi awal ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 24,2 dk pada 10.000 rpm dan torsi 17,2 Nm pada 8.500 rpm.
Keunikan lainnya terdapat pada karburator berukuran 26 mm dari Mikuni VM26SS. Sistem pengapian menggunakan CDI dengan sistem kelistrikan 6 volt. Meskipun demikian, tenaga yang dihasilkan oleh RGR 150 generasi pertama ini hampir menyamai Ninja 250 SL, motor dengan mesin 250 cc satu silinder.
Untuk meningkatkan performa, Suzuki melengkapi mesin RGR 150 dengan Suzuki Intale Pulse Control (SIPC), sebuah sistem selang melingkar yang berfungsi menyimpan sementara campuran bahan bakar dan udara. Ini mirip dengan tabung YEIS yang digunakan oleh Yamaha.
Mesin RGR 150 juga dilengkapi dengan Single Axle Counter Balancer (SACB), mengklaim memberikan tenaga ekstra di putaran tinggi sekaligus mengurangi getaran. Dengan dimensi yang ramping dan bobot hanya 100 kg berkat sasis pipa persegi kecil serta full-floater suspension, RGR 150 generasi awal memberikan pengalaman berkendara yang lincah dan bertenaga.
Tentu saja, dengan spesifikasi yang mengagumkan ini, tak heran jika RGR 150 menjadi impian setiap anak muda di masa itu. Mengajak kita untuk bernostalgia dengan salah satu motor sport legendaris era 1990-an, Suzuki RGR 150 generasi pertama yang tak terlupakan. Otoinfo.