Pembalap Paling Berpengaruh: Repsol dan Honda Berpisah Akhir 2024 Karena Kepergian Marquez!

Pembalap Paling Berpengaruh Repsol dan Honda Berpisah Akhir 2024 Karena Kepergian Marquez!

Otoinfo – Setelah berkolaborasi selama hampir tiga dekade, Repsol dan Honda akan mengakhiri kerja sama mereka di MotoGP pada akhir musim kompetisi 2024. Keputusan ini menandai berakhirnya kemitraan yang dimulai sejak tahun 1995.

Salah satu faktor utama yang memicu perpisahan ini adalah keputusan pembalap Spanyol, Marc Marquez, yang meninggalkan Honda untuk bergabung dengan Gresini Ducati pada tahun 2024. Kepergian Marquez, yang merupakan juara dunia delapan kali, dianggap sebagai pukulan berat bagi Repsol dan Honda.

Baca Juga:   Jelajahi Dunia Tanpa Batas Dengan Suzuki XL7

Kepergian Marquez telah menyebabkan Repsol, perusahaan minyak asal Spanyol, mengurangi kontrak sponsor mereka dengan Honda. Tanpa Marquez, performa dan eksposur Honda di media dan televisi diperkirakan akan menurun drastis. Selama ini, strategi pemasaran Repsol selalu melibatkan pembalap terkemuka asal Spanyol yang berkompetisi untuk Honda.

Menurut laporan terbaru, Repsol kini berencana untuk lebih fokus pada pemasaran bahan bakar non-fosil. Ini sejalan dengan perubahan regulasi MotoGP yang mulai tahun 2027 akan mewajibkan penggunaan bahan bakar bebas fosil, yang saat ini baru mencapai 40 persen. Repsol sendiri sudah menjadi salah satu pemasok bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga:   Apakah Suzuki Jimny 5 Pintu Layak Dibeli? Cek Spesifikasinya Disini!

Kinerja Honda di MotoGP saat ini juga berada di titik terendah. Di klasemen konstruktor, Honda berada di posisi terbawah dari lima pabrikan yang berkompetisi. Selain itu, tim Repsol Honda menempati posisi paling bawah atau ke-11 di klasemen tim, bahkan kalah dari tim satelit mereka, LCR Honda.

Situasi ini menambah tekanan pada Honda yang harus segera berbenah untuk meningkatkan performa mereka di lintasan. Namun, dengan hilangnya dukungan dari Repsol, tantangan yang dihadapi Honda semakin besar.

Baca Juga:   Manajer Ducati Sebut Pedro Acosta Penantang Gelar Juara Dunia Masa Depan

Masa depan Honda di MotoGP kini menjadi tanda tanya besar. Tanpa dukungan finansial dan eksposur media dari Repsol, Honda harus mencari sponsor baru yang mampu memberikan dukungan yang setara. Di sisi lain, Repsol juga harus menyesuaikan strategi pemasaran mereka untuk tetap relevan di dunia balap motor yang semakin kompetitif.