Wednesday, July 2, 2025
spot_img

Pulley UMA Racing Yamaha Mio, Diameter Lebih Besar Ciptakan Responsive Putaran V-Belt

Otoinfo.id – Dijaman perkembangan teknologi seperti sekarang ini, semuanya bisa dibuat gampang dan mudah. Begitu pula dengan jenis kendaraan bermotor, dari yang awalnya menggunakan mesin transmisi manual. Kini juga banyak motor yang sudah menggunakan mesin transmisi otomatis.

Nah, salah satu kelebihan dari motor yang menggunakan mesin transmisi otomatis ini sistem peggerak rodanya menggunakan serangkaian part yang ada di dalam CVT (Continuously Variable Transmission).

Di dalam blok CVT ada 2 item part yang fungsinya sebagai penggerak roda yaitu pulley dan V-belt. Tugas dari pulley sendiri adalah sebagai pengantar tenaga gerak putar setelah dihubungkan ke kruk-as mesin. Sedangkan untuk menggerakan pulley belakang yang berfungsi menggerakan roda belakang, maka dibutuhkankan V-belt. Kalau dimotor yang menggunakan mesin transmisi manual, V-belt ini berfungsi sebagai rantai.

Roller UMA Racing

Baca Juga : Ada Program ‘Obenk Bang Rudz’ yang Kupas Tuntas Technical RCB, UMA Racing dan Proliner, Yuk Simak Keterangannya!

Adakalanya pemilik motor skutik atau matic ingin motornya bisa lari lebih kencang dari standartnya. Biasanya langkah yang mereka lakukan adalah dengan mengganti salah satu part yang ada di CVT yaitu pulley sekaligus rollernya.

Baca Juga:  Anniversary YNCI Bogor Ke-7 Lebih Berwarna, Dari Touring Sampai Balap Disponsori RCB dan UMA Racing

Banyak produk pulley beserta rollernya yang dijual bebas di pasaran. Hanya saja banyak kalangan pengguna motor matic terutama varian Yamaha Mio memilih pulley dengan merk UMA Racing.

Bukan tidak ada alasan, mengapa banyak pengguna Yamaha Mio lebih memilih produk UMA Racing saat mengganti pulley sekaligus roller motornya. Karena produk UMA Racing yang asal Malaysia ini, sudah terbukti kualitas dan fungsionalnya di dunia balap. Baik untuk yang di Indonesia maupun di Asia. Jadi kalau produk otomotif merk apapun bila sudah diuji coba di dunia balap, sudah pasti untuk hariannya akan lebih mantap.

Baca Juga:  Jelang Pirelli Jepara Road Race 2019: Fery S Mumu Siap Gaspol, Pacu Motor Apa Saja?
Rio Tan, Manajer Marketing Uma Racing untuk Pasar Indonesia

Dijelaskan oleh Rio Tan selaku Racing Manajer & Support dari PT. Enwan Multi Partindo (N1), selaku distributor resmi part engine UMA Racing untuk pasar di Indonesia. ”Pulley yang merupakan rumah roller dari UMA Racing untuk Yamaha Mio ini sengaja ukuran diameternya dibuat lebih besar dari ukuran standartnya,” ucap RioTan.

Baca Juga : Filter Udara UMA Racing Buat Aerox, Bisa Tambah Performa!

Baca Juga:  Honda Meluncurkan Varian Baru New Honda RS 125, Desain Lebih Ringan

“Dengan begitu akan lebih bisa meningkatkan torsi, tarikan bawahnya dapat. Yang pasti kecepatannya akan lebih bertambah dibandingkan dengan motor Mio yang masih memakai pulley bawaan motor,” jelas Rio.

Selain bisa menambah responsive buat putaran V-belt, ternyata pulley UMA Racing ini memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya untuk bahan materialnya sendiri terbuat aluminium berkualitas tinggi. Pastinya dengan proses pembuatan menggunakan sistem technologi CNC Machining.

Selain itu untuk desain modelnya identik dengan nuansa racing. Dan yang lebih istimewa lagi, pulley UMA Racing ini sudah dipastikan bisa tahan lama dan juga ‘low noise’. Artinya tidak terdengar suara berisik bila sudah dipasang di CVT.

Latest Posts