Otoinfo.id
Sign In
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Notification
HeadlineRacing

Perdana Tampil, F1ZR AG Style Gold Family Pecah Telur di Black Drag Bike 2025 Purwokerto

HeadlineRacing

Robby Sakera Bangkit di Race 2 ARRC Malaysia, Amankan Podium Kedua Kelas AP250

HeadlineRacing

Alfi Husni Juara Asia UB150 ARRC 2025, MCR Racing Parts sebagai Pendukung Performa!

HeadlineRacing

Istimewa! Alfi Husni Kunci Gelar Juara Asia di Kelas UB150 ARRC 2025 Seri 5 Malaysia

Font ResizerAa
Otoinfo.idOtoinfo.id
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Search
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Sign In Sign In
Follow US
Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Otoinfo.id > Blog > Headline > Ragam Model Roll Bar, Roll Cage & X-Bar Sebagai Pelindung
HeadlineInfoTips

Ragam Model Roll Bar, Roll Cage & X-Bar Sebagai Pelindung

otoinfo
Last updated: 20/05/2018 10:23
By otoinfo
3 Min Read
SHARE

Otoinfo.id – Ada banyak ragam model roll bar dan roll cage ini. “Masing-masing tergantung pada kebutuhan dan penggunaannya, apakah sekedar untuk variasi saja atau untuk kompetisi balap mobil seperti rally atau off-road,” terang Wily.

Contents
  • About The Author
    • otoinfo

Baca Juga : Ternyata Roll Bar, Roll Cage & X-Bar Itu Beda Loh

“Paling simple adalah model 2 titik (kaki) dan 4 titik, namun ini tak disarankan penggunaannya karena kurang begitu efektif dan efisien melindungi kabin apalagi untuk kompetisi,” imbuh Wily.

Untuk standar balap baik turing, rally maupun offroad, biasanya kaki-kaki rollbar yang terpasang adalah 6 titik. Cara pemasangannya pun bermacam-macam. Ada yang dipasang pada dek (lantai) mobil dengan menggunakan tatakan plat yang dibaut dengan menggunakan baut baja. Tetapi ada yang langsung dilas menempel pada chasis (rangka), seperti pada mobil offroad.

Cara pemasangan seperti ini dirasa yang paling aman untuk sebuah mobil kompetisi. Pasalnya ditinjau dari kekuatannya sendiri, “Lebih aman kuat dan maksimal, kalau menembus dek dan langsung menempel chasis,” tegas Wily.

Dibanding dengan cara dibaut, resiko lepas dan kendor masih ada. “Tapi ini sah-sah saja kok kalau hanya digunakan sebatas variasi saja,” sahut Wily. dJansen

Standar Ukuran Aman
Untuk memasang roll bar atau roll cage tak boleh sekedar asal pakai pipa besi sembarangan. Apabila rollbar tidak dibuat berdasarkan standar keselamatan balap. Maka yang terjadi bisa sebaliknya bisa membahayakan si pembalap.

“Harus diperhatikan sekali soal pemilihan bahan,” wanti M. Hardjanto, punggawa bengkel Double Gardan 4×4, Purworejo.

Lebih lanjut off-roader berjuluk The Jungle Man ini menjelaskan, bahwa bahannya harus dari besi seamless 40 diameter minimal 1,5 inch, dengan ketebalan 2,5 mm.“Bisa saja menggunakan bahan lain yang juga memiliki tingkat kekuatan yang bagus, seperti misalnya bahan chromoly. Meskipun mobil terguling namun pembalap di dalam kabin akan tetap aman karena terlindung oleh rangka roll bar yang bagus,” terang Janto.

Untuk pengelasan sebaiknya menggunakan CO atau argon. Hasilnya akan lebih rapi dan kuat. Pada penggunaan kompetisi balap mobil maupun off-road, sesaat sebelum lomba biasanya akan dilakukan scrutineering yang salah satunya adalah pemeriksaan perangkat safety dan salah satunya roll bar. “Roll bar yang tidak sesuai standar bisa dipastikan tak akan lulus dan tak bisa ikut balap,” tegas Janto.

About The Author

otoinfo

See author's posts

Join Our Newsletter
Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!
[mc4wp_form]
TAGGED:roll barroll cagex bar
Share This Article
Facebook Email Copy Link
Leave a Comment Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Might Also Like

HeadlineRacing

Drag Bike 2020: Rayakan Anniversary Ke-6, Bos Racingstart Berbagi ‘Cinta’, Mau?

By otoinfo
26/03/2020
Perang LSUV! Pecahkan Pilihan Antara Toyota Rush dan Honda BR-V, Siapa Rajanya?
InfoProduct

Perang LSUV! Pecahkan Pilihan Antara Toyota Rush dan Honda BR-V, Siapa Rajanya?

By Yudi Jude
13/11/2023
HeadlineRacing

Black Drag Bike 2023 Mijen: Dominasi F1ZR Albaeta RTX Exhaust 97 Concept, 1-2 di Kelas F1ZR Sunmory!

By otoinfo
09/09/2023
HeadlineRacing

Arai Agaska Raih P3 di Superpole R3 bLU cRU Misano, Awal Positif Menuju Podium!

By Setiaji
13/06/2025
Toyota Sienta Bekas Harga Mulai Rp 120 Jutaan, Mau
Info

Toyota Sienta Bekas Harga Mulai Rp 120 Jutaan, Mau?

By Rifqi Fauzan
05/02/2024
HeadlineRacing

Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP 2021 Mugello

By otoinfo
30/05/2021

Foxiz Car

Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Don't not sell my personal information
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?

Forget Password