Rem Belakang Skutik Sering Macet, Ini Solusinya

Otoinfo.id – Motor matik memang sangat bergantung pada rem depan dan belakang. Hal ini wajar karena bisa dibilang, motor matik sangat minim engine braking. Pada akhirnya rem menjadi tumpuan untuk mengehntikan laju.

Sayangnya, rem belakang motor matik jarang dirawat, bahkan sering macet. Terutama rem belakang.

“Umumnya konstruksi rem belakang matik memakai kabel. Sering macet. Beda dengan motorsport atau bebek yang sudah mengadopsi batang,” papar Abdul Majib mekanik Perintis Motor, Surabaya.

Semprot pakai penetrant

Rem belakang yang macet tersebut umumnya lantaran mur penyetel. “Kena kotoran sehingga menutupi ulir setelan. Sering terjadi saat setelah musim hujan,” beber Majid.
Akibatnya tidak bisa diputar untuk melakukan penyetelan. Biasanya karena dipaksa, akhirnya kawat penghubung rusak. Gejala paling mudah yaitu saat mur setelan diputar terasa berat dan seperti ada tekanan balik.

Bersihkan menggunakan sikat kawat

“Karena sling ikut terbawa muter, jadi lebih berat. Belum lagi gaya melawan dari sling, khususnya bila berputar sesuai arah putaran serat kawat sling tersebut,” tambahnya.

Ulir bersih, penyetelan rem jadi mudah

Bila sudah macet, bisa diperbaiki dengan mudah. Cukup dibersihkan saja. Semprot pakai penetrant, lantas lepas mur setelan dan bersihkan alur pada drat atau ulir kawat menggunakan sikat kawat. MT4