Siap Bersaing! Lexus Siap Luncurkan Supercar Generasi Terbaru, Siapkah Anda untuk Lexus LFR?

Siap Bersaing! Lexus Siap Luncurkan Supercar Generasi Terbaru, Siapkah Anda untuk Lexus LFR

Otoinfo – Lexus, divisi mobil mewah Toyota, sedang mempersiapkan peluncuran supercar baru yang akan bersaing dengan Aston Martin Vantage dan Mercedes-AMG GT. Diberi nama Lexus LFR, mobil ini akan menjadi penerus legendaris Lexus LFA yang menggunakan mesin V10.

Pada Tokyo Auto Salon 2022, Toyota memperkenalkan mobil konsep GT3 GR. Kini, konsep tersebut telah berkembang menjadi prototipe yang terlihat diuji coba di sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia dengan kamuflase.

Baca Juga:   Menggebrak Jalanan! Kawasaki Eliminator Cruiser Terbaru Hadir dengan Pesona Neo-Retro yang Menggoda

Dengan perkembangan ini, divisi balap Toyota, Gazoo Racing, diharapkan siap untuk mengikuti kompetisi papan atas termasuk 24 Hours of Le Mans pada tahun 2026.

Untuk berpartisipasi dalam Le Mans, Federation Internationale de l’Automobile (FIA) memiliki aturan homologasi yang mengharuskan setiap mobil GT3 berbagi desain bodi dasar dengan mobil yang legal di jalan raya. Ini berarti konsep GT3 GR yang diduga sebagai Lexus LFR kemungkinan akan masuk ke ruang pamer dalam dua tahun ke depan.

Baca Juga:   Inilah Chery Fulwin T10 PHEV: SUV Mewah dengan Jarak Tempuh 1.400 km!

Toyota telah menyatakan komitmennya untuk “mengkomersialkan mobil sport daripada hanya mengadaptasi kendaraan produksi untuk digunakan dalam motorsport.” Ini menandai perubahan dari modifikasi hot hatchback seperti GR Yaris untuk kompetisi reli.

Dari tes pada prototipe berkamuflase di Spa-Francorchamps, terdengar mesin V8 twin-turbo, dan versi jalan rayanya diharapkan Lexus LFR akan menggunakan mesin yang sama dengan dukungan sistem hybrid.

Baca Juga:   Mengulas Kemenangan Gemilang David Alonso di Moto3 Austin 2024

Meskipun spesifikasi balap resmi belum dirilis, regulasi GT3 menunjukkan bahwa mobil harus menghasilkan tenaga sekitar 500-600 tenaga kuda dan berat tidak lebih dari 1.300 kg.

Toyota telah lama mengejar potensi mobil sport, termasuk mengintegrasikan pengembangan mesin pembakaran internal yang berkelanjutan dan berinvestasi dalam teknologi bahan bakar ramah lingkungan.

Bos Gazoo Racing, Masahito Watanabe, menekankan keyakinan Toyota pada potensi multifaset mesin pembakaran internal, termasuk pembakaran hidrogen.