Thursday, June 26, 2025
spot_img

Sistem Turbo pada Yamaha NMAX Terbaru

Otoinfo – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan generasi ketiga Yamaha NMAX dengan varian Turbo.

Dalam dunia otomotif, istilah “Turbo” sering kali dikaitkan dengan peningkatan tenaga dan efisiensi mesin melalui peningkatan tekanan udara yang masuk ke dalam mesin. Namun, turbo pada NMAX Turbo ini memiliki pendekatan yang berbeda dari turbo pada umumnya.

Teknologi YECVT: Inti dari NMAX Turbo

Yamaha NMAX Turbo mengusung mesin Blue Core 155 VVA generasi terbaru, yang mampu menghasilkan tenaga puncak 15,15 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

Inovasi signifikan lainnya adalah penggunaan teknologi YECVT (Yamaha Electronic Continuously Variable Transmission) yang menggantikan sistem CVT konvensional.

YECVT bekerja tanpa roller yang biasanya digunakan dalam CVT konvensional. Roller tersebut digantikan oleh motor penggerak yang memungkinkan proses perpindahan gigi lebih cepat dan efisien.

Baca Juga:  Kia EV3 Debut Global: Harga Terjangkau, Fitur Canggih!

Dengan tidak adanya roller, perawatan menjadi lebih mudah karena tidak perlu mengganti roller yang bisa menyusut seiring penggunaan.

Pengaturan melalui TCU: Kecepatan dan Efisiensi Optimal

Teknologi YECVT pada NMAX Turbo diatur oleh TCU (Transmission Control Unit), yang merupakan teknologi terbaru di skutik Yamaha secara global.

TCU menerima informasi dari sensor pulley primer dan sensor kecepatan, yang kemudian menggerakkan motor penggerak elektronik.

Selain itu, TCU juga berinteraksi dengan ECU (Engine Control Unit) untuk mengoptimalkan pembakaran sesuai mode berkendara yang dipilih.

Baca Juga:  Geger Pasar! Yamaha Janus 125 2024 Meluncur, Saingi Honda Genio dengan Desain Retro Klasik dan Fitur Mewah!

Hal ini memungkinkan pengendara untuk merasakan akselerasi yang lebih responsif, terutama saat berada di tanjakan atau dalam mode berkendara S.

Kinerja dan Kenyamanan Terbaik dengan NMAX Turbo

Penggunaan teknologi YECVT dan TCU memberikan beberapa keuntungan utama pada NMAX Turbo:

Akselerasi Cepat dan Responsif

Dengan sistem motor penggerak yang menggantikan roller, perpindahan gigi menjadi lebih cepat, memberikan sensasi akselerasi turbo yang nyata.

Efisiensi yang Tinggi

Tanpa adanya roller yang menyusut, efisiensi sistem transmisi meningkat dan memerlukan perawatan yang lebih sedikit.

Pengendalian Optimal

TCU yang canggih memastikan pengendalian yang optimal dengan menerima dan mengolah data dari berbagai sensor.

Baca Juga:  Honda Tak Terganggu dengan Yamaha NMax 'Turbo': Kompetisi Sehat di Pasar Skuter Indonesia

Yamaha NMAX Turbo hadir dengan berbagai pembaruan yang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan lebih menyenangkan bagi para pengguna.

Yamaha NMAX Turbo dengan teknologi YECVT dan TCU menawarkan solusi inovatif dalam dunia skutik.

Dengan akselerasi yang lebih cepat, efisiensi yang lebih tinggi, dan pengendalian yang lebih baik, NMAX Turbo siap memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa.

Dengan penjelasan ini, diharapkan kalian dapat memahami teknologi canggih yang diterapkan pada Yamaha NMAX Turbo dan bagaimana inovasi ini dapat memberikan kinerja terbaik dalam berbagai kondisi berkendara. Otoinfo

Latest Posts