Ternyata Pembalap Ini yang Jadi Pelopor Gaya Elbow Down, Sudah Ada Sejak 80an!

Ruggia (Prancis), Foto: Istimewa

Otoinfo.id – Gaya balap elbow down atau menikung dengan sikut menggesek ke aspal memang sudah banyak yang tahu. Terutama para pembalap dan penikmat balap. Gaya balap itu tenar sejak Marc Marquez yang memakai gaya balap tersebut ketika dirinya naik ke kelas MotoGP.

Perlu diketahui kelas MotoGP mengharuskan banyak pembalap merubah gaya balapnya. Karena dari basik motor sudah berbeda, makannya kala itu Marquez menggunakan gaya elbow down yang kini ditiru banyak pembalap di belahan dunia.

Baca Juga : Haruchika Aoki, Sosok Pembalap Jepang yang Sangat Penting Bagi Rossi di Awal Karir Balapnya

Namun yang pertama melakukan elbow down bukan lah Marc Marquez. Gaya balap ini ada sejak tahun 1988 silam. Berarti sampai tahun ini sudah 32 tahun yang lalu gaya balap ini dipakai.

Ya, pembalap yang pertama memakai gaya balap elbow down ini adalah Jean Philippe Ruggia. Pembalap asal Prancis itu membuka sejarah baru teknik atau gaya balap. Terbukti lewat jepretan salah satu fotografer, terlihat Ruggia menggesekan sikutnya ke aspal.

Saat dulu memang masih belum tren gaya balap elbow down ini. Mungkin jika karir Ruggia cemerlang seperti Rossi, gaya balap elbow down itu akan dipakai sejak dulu.

Baca Juga : Ducati Ungkap Alasan Kenapa Mengizinkan Dovi Ikut Balap Motocross

Seperti contoh gaya balap menurunkan atau menggantungkan kaki saat akan belok. Itu Rossi yang menjadi pelopor, sampai saat ini hampir semua pembalap MotoGP memakai gaya balap seperti itu. Aji