Tips: Bikin Tarikan Karbu Vakum Lebih Nendang, Begini Caranya!

Karburator Tipe Vakum

Otoinfo.id-karburator tipe vakum merupakan karburator yang bekerja berdasarkan kevakuman di ruang bakar untuk menarik skep. Tipe ini banyak diaplikasikan pada motor matik keluaran Honda maupun Yamaha. Honda BeAT atau Yamaha Mio lama menggunakan karburator vakum. Ternyata oh ternyata, banyak yang mengeluhkan bahwa tarikan yang dihasilkan dari karburator vakum tidak seresponsif pada karburator biasa. Kenapa?

Bekerja Berdasarkan Kevakuman di silinder

Baca Juga : Tips: Pakai Produk TRZ Racing, Cara Sederhana Menaikkan Kompresi Ninja!

“Faktor usia, sehingga menyebabkan kinerjanya menjadi menurun. Hal tersebut disebabkan karena sudah terjadi kebocoran pada slang yang menghubungkan manifold dengan karbu atau mungkin kerusakan terjadi pada mekanisme vakum yang ada di karbu itu sendiri,”terang Ta’mirur Rojak, staf pengajar di SMK N 1 Tengaran, Kabupaten Semarang, Jateng.

Baca Juga : Busi BRISK : Berbahan Perak Pertama di Indonesia, Performa Prima

Karena kebocoran tersebut menyebabkan pergerakan skep naik menjadi terlambat sehingga seperti yang kita rasakan tarikan motor menjadi lelet dan kurang responsif. Banyak yang coba  mengakalinya dengan merubah pergerakan skep keatas dari vakum menjadi manual. Jika hal tersebut terjadi pada motor kita, mungkin cara tersebut bisa kita tiru untuk membuat tarikan motor kita menjadi lebih nendang.

Kawat yang dililitkan di baut throttle

Prinsipnya merubah pergerakan skep dari berdasarkan kevakuman menjadi manual sesuai dengan bukaan throttle valve. Caranya dengan menambahkan kawat yang dibautkan dengan throttle valve untuk mengangkat skep atau yang disebut piston valve. “Pertama lepas dahulu salah satu baut yang ada di throttle, selanjutnya lilitkan kawat yang sudah kita siapkan tadi pada baut yang kita lepas tadi,” terang Mr. Jack, sapaan akrabnya.

Pengencangan baut dilakukan dari sisi dalam

Baca Juga : Tips Motor : Efek Noken As Pada Performa KLX, Durasi STD Vs 230°!

Untuk langkah selanjutnya pengencangan baut yang sudah dililit dengan kawat tadi dari sisi dalam. Posisi kawat yang sudah dikencangkan dengan baut throttle tadi usahakan berada tepat dibawah skep. Saat throttle valve membuka kawat yang sudah dililitkan pada baut tadi harapannya juga bergerak mendorong skep bergerak keatas. Selamat mencoba! sumber artikel : www.motolineid.com