Otoinfo.id- Piston merupakan komponen inti pada mesin motor, yang terletak di dalam buring motor, piston mempunyai nama lain yaitu seker.
Baca Juga : Tips Membuat Rantai Motor Tetap Awet
Nah pada piston ini terdapat ring piston yang memiliki fungsi untuk menahan kompresi yang terjadi pada saat Motor bekerja serta mengatur pelumasan pada dinding linear mesin. Jadi dalam pemasangan ring piston harus berhati-hati jangan sampai terbalik atau sampai salah. Karena jika sampai salah bisa mengakibatkan kompresi dan pembakarsn kurang sempurna dan mengakibatkan motor menjadi ngebul.
Baca Juga : Tips : Merawat Remote Smart Key All New Honda Scoopy agar Lebih Awet
Sebelum mengetahui cara memasang ring piston dengan benar pertama-tama kita harus memahami jenis-jenis ring jenis-jenis rung piston yaitu, ring oli yang mempunyai bentuk yang bergelombang, sedangkan untuk ring kompresi terlihat datar serta mengkilap. Pada ring kompresi biasanya terdapat tulisan yang bisa dilihat yaitu N/T. untuk ring kompresi yang ini menghadap ke atas dan merupakan ring kompresi 1 atau atas.
Perbedaan ring kompresi yaitu Pada bagian ring kompresi 1 yang memiliki permukaan rata, mamiliki fungsi untuk menekan dinding silinder sehingga kompresi menjadi tidak bocor.
Baca Juga : Tips : 6 Peran Penting Washer pada Motor
Sedangkan untuk fingsi ring kompresi 2 atau bawah yang mempunyai permukaan lebih menyudut. Selain berfungsi untuk menjaga kerapatan, fungsi lainnya adalah membersihkan sisa-sisa lapisan minyak yang berada pada dinding silinder.
Kemudian cara pemasangan ring piston yaitu seperti berikut ini;
Baca Juga : Tips : Mengatasi Mesin Motor Honda yang Cepat Panas
•Ring oli ada 3, salah satunya yang bergelombanh dan yang dua yaitu ring oli kecil dan tidak bergelombang, ring oli ini dipasang di tempat ring paling bawah untuk celahnya sejajar dengan coakan seher klep ex dan untuk yang dua ring kecil ini dipasang untuk menjepit ring oli yang bergelombang untuk celahnya di kiri celah ring bergelombang ditempatkan dibawah ring oli bergelombang dan yang satunya diatasnya ring bergelombang untuk celahnya dikanan celah ring bergelombang.
Baca Juga : Beberapa Tips Merawat Motor Honda Agar Tetap Awet
•Untuk ring kompresi 1 dan 2 pemasangannya tidak boleh terbalik yaitu yang ada merknya harus diatas,yang dipasang yang kompresi 2 atau yang dibawah dulu untuk celahnya di kanan coakan klep in dan Untuk ring kompresi 1 celahnya disebelah kiri coakan klep in.
More Stories
Bos Tatsumaki Hadir di LFN HP969 Road Race Mijen, Kompak Bersama Keluarga Tercinta
SMK Walang Jaya Eksis di LFN JP969 Road Race Mijen, Libatkan Siswa Demi Pengalaman Nyata Dunia Balap
Astra Motor Yogyakarta Ajak Komunitas Big Matic Tutup Rangkaian Hari Pelanggan Nasional 2025