Tips : Merawat Motor Honda Tanpa Perlu Service dan Dilakukan di Rumah

Tips : Merawat Motor Honda Tanpa Perlu Service dan Dilakukan di Rumah
Tips : Merawat Motor Honda Tanpa Perlu Service dan Dilakukan di Rumah

Otoinfo.id– Sebenarnya merawat motor bukanlah hal yang sulit. Namun, kebantakan orang memiliki kesibukan, sehingga sering mengabaikan terkait perawatan dari si sepeda motor tersebut.

Baca juga : Tips Serial Honda: Ciri-ciri Karburator Yang Harus di Setel dan Cara Penyetelannya

Padahal, merawat motor dengan tepat, akan membuat motor tidak harus diservis loh. Dan untuk tetap memastikan performa motor tetap prima, maka melakukan pemeriksaan secara berkala menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Baca Juga:   Penting! Saat Berkendara Jangan Malas Pakai Sarung Tangan, Ini Alasannya

Jadi berikut, beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah agar motor Honda tidak terlalu sering diservis;

1. Cek kondisi oli secara berkala
Yang pertama yaitu selalu mengecek kondisi oli, karena oli memiliki fungsi sebagai pelumas untuk komponen-komponen mesin agar saat terjadi gesekan, mesin gak kehausan. Sedangkan fungsi lain dari oli yaitu pencegah karat dan bertindak sebagai pendingin.

Baca Juga : Tips Honda Beat Injeksi: Tenaga Ngempos dan Kurang Responsif? Coba Reset ECU dan DTC

Baca Juga:   Catatan Perjalanan HBC AIDS Journey Java – Bali 2018 : Road Show Dari Kota Ke Kota

Karena oli sangat penting untuk motor jadi pastikanlah memeriksa kondisinya secara berkala. Jika oli kekentalannya sudah berkurang dan warnanya sudah kehitaman, maka menjadi tanda bahwa oli sudah harus diganti.

2. Mengecek kekencangan rantai motor
Yap, Rantai merupakan bagian terpenting dari sepeda motor karena fungsinya yang menghubungkan mesin dan roda sehingga bisa bergerak. Dengan fungsinya yang sangat penting, mengecek kekencangan rantai motor secara berkala memang disarankan.

Baca Juga:   Fitur ISS Honda Scoopy, Mirip dengan Moge Honda Gold Wing

Nah jadi pemilik bisa memulai pengecekkan dengan melihat apakah ada karat. Jika terdapat karat, segeralah bersihkan dan semprot dengan menggunakan oli khusus rantai.

3. Cek kondisi aki

Selajutnya, kita harus selalu mengecek kondisi aki Agar arus listrik pada aki tetap terjaga dengan baik dan tidak melebihi batas. Idealnya jangan sampai lebih dari 2 minggu.