Tips Serial Honda: Ciri-ciri Karburator Yang Harus di Setel dan Cara Penyetelannya

Sumber Foto : Google

Otoinfo.id- Didalam sistem kerja sepeda motor terdapat banyak sekali komponen yang saling berhubungan, dan salah satunya yaitu karburator. Karburator merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai sebagai tempat penyaluran antara udara dan bahan bakar yang akan dibakar di ruang bakar. Letak dari ruang bakar adalah pada kepala silinder.

Baca Juga : Tips : Perawatan pada Motor Honda dalam Sehari-hari

Pada bagian karburator ini pencampuran antara udara dan bahan bakar harus pas sesuai takaran yang seharusnya, jika antara udara dan bahan bakar tidak sesuai dapat mengakibatkan motor menjadi loyo dan kurang maksimal tenaganya. Setelan karburator yang pas dapat membuat bbm motor menjadi lebih irit, motor menjadi lebih nyaman dan yang pastinya motor menjadi bertenaga.

Baca Juga : Tips : Cara Menyetel Combi Brake System (CBS) pada Motor Honda

Sebelum membahas ke cara untuk penyetelannya kita perlu memahami ciri-ciri karburator harus distel, ciri-cirinya yaitu :
1. Mesin motor brebet diRPM rendah
Hal ini terjadi bisa dikarenakan karburator yang setelan anginnya kurang tepat, bisa karena terlalu membuka ataupun tertutup.
2. Motor susah untuk dihidupkan
Mungkin untuk ciri ciri diatas bisa dikarenakan sebab yang lain bisa karena busi dan yang lainnya, tetapi juga bisa karena karburator yang terganggu dengan sistem kerjanya yang kurang maksimal.
3. Busi basah
Ini terjadi karena karburator banjir yang bisa disebabkan oleh adanya komponen karburator motor yang rusak dan harus diganti.
4. Tenaga mesin menjadi loyo
Kemudian untuk ciri-ciri ini mungkin sering dirasakan oleh pengguna motor apabila terjadi hal yang kurang beres pada karburator, hal ini disebabkan karena suplai udara didalam karburator kurang lancar akibat kotoran yang ada.

Baca Juga : Tips: Bukan Hoax! Honda Absolute Revo ‘Citul’ 155 cc Bertenaga 20 HP, Angsa Pemangsa Macan!

Sistem kerja skrup setelan karburator
Pada karburator ada dua buah setelan berbentuk skrup. satu untuk setelan gas dan kedua setelan angin. Adapun cara kerja dari sekrup gas tersebut yakni dengan mendorong pada bagian venturi yang berada di dalam karburator yang memiliki permukaan miring. Dengan begitu ketika posisi sekrup kita kencangkan maka secara otomatis akan mendorong katup gas yang akhirnya akan terbuka melebar dan membuat RPM menjadi tinggi. Sementara jika kita putar ke arah sebaliknya maka katup pun akan menutup dan membuat RPM menjadi rendah. Sementara untuk sekerup penyetel udara juga memiliki sistem atau cara kerja yang tidak jauh berbeda dari cara kerja sekrup penyetel gas.

Baca Juga : Beberapa Tips Merawat Motor Honda Agar Tetap Awet

Cara penyetelan karburator yaitu :
1. Siapkan obeng min (-)
Hanya obeng karena untuk skrup penyetelannya biasanya dibuat dengan baut min (-)
2. Hidupkan mesin
Selanjutnya yaitu hidupkan mesin motor hal ini harus dilakukan karena penyetelan karburator yang baik dan benar motor harus dalam posisi hidup
3. Putar setelan gas
Setelah mesin dihidupkan silahkan ambil obeng yang tadi sudah disiapkan dan putar setelan gas ke kanan atau searah jarum jam, agar RPM menjadi tinggi. Lakukan secara perlahan
4. Tutup setelan angin/udara
Setelah RPM menjadi tinggi karena setelan gas yang ditutup, kemudian tutup juga setelan angin putar skrup ke arah kanan sampai menjadikan RPM turun ke titik terendah. Pastikan mesin motor jangan sampai mati.
5. Buka setelan angin/udara sampai RPM tinggi
Setelah menutup setelan angin hingga menemukan titik terendah RPM, buka kembali setelan tersebut dengan cara putar baut setelannya ke arah kiri atau berlawanan dengan jarum jam, putar secara perlahan dan RPM akan meningkat, putar sampai RPM tertinggi akan muncul. Disini harus benar benar menggunakan feeling.
6. Turunkan setelan gas
Setelah menemukan titik tertinggi RPM silahkan untuk turunkan setelan gas dengan cara putar ke kiri, putar secara perlahan hingga titik RPM rendah yang kalian inginkan
7. Tes setelan karburator
Setelah kalian menyetelnya silahkan tes setelanya bisa dengan tarik gas pada posisi netral, pastikan motor tidak brebet brebet saat ditarik gasnya maka bisa dikatakan setelannya sudah tepat.

Baca Juga : Tips: Meningkatkan Top Speed Motor Matic Honda Tanpa Bore Up? Begini Caranya!

Seperti itu untuk cara penyetelan karburator yang baik dan benar agar tenaga yang dihasilkan sepeda motor menjadi lebih maksimal. Sekian informasi dan tips dari kamisemoga mudah untuk kalian dipahami dan semoga dapat membantu.