Toyota Celica 2003 (Temanggung): Transeksual, Body Sexy Jadi Monster Buas!

OtoInfo.Id-Dibilang begitu karena sejatinya Celica yang berbodi sexy ini ditakdirkan sebagai sebuah mobil berjenis sedan sport yang tentunya hanya melalui jalanan mulus on-road saja. Tetapi oleh H. Ngaseran, jenis kelamin ‘Si Celi’ diubah total.

Dari sebuah mobil sedan pelahap trek aspal menjadi sebuah monster buas pelahap segala macam jenis trek yang berpenggerak 4 WD dan berbaju tubular bikinan Wily Santoso, punggawa bengkel off-road Langgeng Jaya Abadi, Kudus.

Nah.. apa saja dan bagaimana ubahan yang dilakukan oleh Wily, langsung aja kita simak yukk.. (Naskah & Photo : dJansen)

Dapur Pacu
Dari tampilan keseluruhan bagian Celica, hanya mesin saja yang diambil oleh Wily. Boleh dikata tak ada ubahan pada mesin. “Tetap dibiarkan standar, hanya pengaturan posisi mesin saja,” terang Wily.

 

Maklum saja, mesin tipe 3S-GTE 2.0 L dengan 16 Valve Twin Cam dikenal tangguh dan dipakai oleh Team Toyota dalam ajang World Rally Championship (WRC). So, ga usah diragukan lagi soal ketangguhannya.

Struktur Chasis Tubular
Mengejar speed, bobot kendaraan tentu menjadi perhatian utama. Wily menggunakan struktur chasis tubular. Wily juga mengukur bobot dan pengaturan titik imbang masing-masing sektor, demi memperoleh centre weight chasis.

Faktor safety juga menjadi perhatian utama, karena rangka harus mampu dan kuat melindungi kabin saat terjadi benturan. Bahan yang dipilih adalah pipa seamless sch 40.

Kaki Oplosan
Mengejar kekuatan, kaki milik Toyota dikenal sebagai salah satu yang paling tangguh. Wily pun mencomot kaki milik Toyota Hi-Lux Double Cabin diramu dengan peranti peredam kejut berlabel King Shock yang ditopang arm custom pillow 22’ dan disematkan di depan serta belakang.

Interior
Sesuai dengan penggunaannya untuk balap, kabin hanya muat untuk dua orang saja, yaitu driver dan co-driver. Demi kenyamanan, jok di custom full bucket dipadu dengan safety belt 4 titik milik Crow Enterprise.

Data Modifikasi :
Ban : Simex Extreme Trekker ‘31
Pelek : OEM Taft
Sokbreaker : King Shock
Arm : Custom Pillow 22’
Gardan : Hi Lux
Radiator : Suzuki Futura
Tangki BBM : Custom
Jok : Custom
Seatbelt : Crow
Winch dpn : PTO
Plasma : 19’
Winch blkg : Warn