Wednesday, July 16, 2025
spot_img

Wow! Toyota Avanza-Veloz Catat Peningkatan Penjualan 20% di Bulan Agustus 2023:

Otoinfo – Penjualan produk Toyota pada segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), khususnya Avanza dan Veloz, mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 20,35 persen pada bulan Agustus 2023, menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Total penjualan mencapai 7.449 unit, dibandingkan dengan 6.189 unit pada bulan Juli 2023. Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, menjelaskan bahwa beberapa faktor mendukung kenaikan ini.

Salah satu pemicu peningkatan penjualan adalah diselenggarakannya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Pameran ini memberikan dorongan positif terhadap minat konsumen untuk membeli kendaraan, memberikan platform yang ideal bagi Toyota untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk Avanza dan Veloz.

Anton juga menyebutkan bahwa perubahan fokus belanja masyarakat turut berkontribusi. Masyarakat yang sebelumnya mengalihkan dana untuk pembiayaan tahun ajaran baru dan liburan, kini telah beralih kembali ke fokus normal konsumen, termasuk pembelian kendaraan baru.

Baca Juga:  Toyota All New Avanza: Mobil Keluarga Murah yang Tak Tertandingi untuk Petualangan Jauh! Kenapa Banyak Orang Memilihnya?

“Selain ada GIIAS pada bulan Agustus, rasanya karena fokus dari spending pertengahan tahun sudah kembali ya, dari yang mungkin Juni-Juli masih ke tahun ajaran baru, lalu liburan dan lain-lain sudah kembali ke fokus normal konsumen termasuk spending untuk kendaraan,” ujar Anton.

Toyota juga berencana untuk terus mengembangkan produk LMPV melalui Avanza dan Veloz dalam jangka panjang. Segmen LMPV sendiri menjadi salah satu kontributor penjualan terbesar bagi Toyota.

Baca Juga:  Launching All New CBR150R Jawa Timur : PT MPM Optimis Bisa Dongkrak Penjualan Motor Sport

Selama Januari-Agustus 2023, penjualan Avanza dan Veloz mencapai 55.621 unit, meningkat 41,12 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dalam kurun waktu yang sama, penjualan LMPV berkontribusi sebesar 25,23 persen dari total penjualan Toyota yang mencapai 220.454 unit. Toyota tetap memimpin pangsa pasar pada segmen LMPV dengan 54,45 persen dari total penjualan nasional LMPV yang mencapai 102.139 unit.

Baca Juga:  BYD Seal! Calon Penantang Ioniq 6 di Indonesia yang Menawarkan Keunggulan Tersendiri

“Penyebab peningkatan penjualan rasanya banyak ya, faktor yang paling fundamental tentu produk yang tepat dengan kebutuhan pasar baik secara fitur, model yang cocok, dan faktor turunan seperti value dan banyak lagi,” tambah Anton.

Dengan melihat kesuksesan ini, Toyota berencana untuk meluncurkan berbagai program dari setiap dealer dalam waktu dekat untuk terus meningkatkan penjualan menjelang akhir tahun. Otoinfo.

Latest Posts