Wow!!Biaya Perbaikan Motor MotoGP Jika Alami Crash Tembus1,5 Miliar

Otoinfo.id-Tak bisa dipungkiri jika MotoGP merupakan suatu ajang balap roda dua paling mahal. Apalagi dengan risiko kecelakaan yang tinggi, tentu saja tim-tim MotoGP harus merogoh kantong dalam-dalam demi ikut serta berkompetisi.

Yup, motor yang mampu melaju dengan kecepatan 300 kilometer per jam itu membuat resiko mengalami crash semakin tinggi, apalagi jika ditambah kondisi lintasan dan cuaca yang kurang bersahabat. Tak jarang para pembalap MotoGP mengalami kecelakaan yang membuat kerusakan pada motornya.

Baca Juga : MotoGP: Ini Alasan Jorge Lorenzo Tetap Jaga Fisiknya Dalam Kondisi Prima

Pertanyaan yang mungkin terlintas di benak sobat Otoinfo adalah berapa biaya yang dikeluarkan saat seorang pembalap terjatuh? “Sebuah kecelakaan di MotoGP bisa menghabiskan biaya 15.000 sampai 100.000 euro,” jawab Chistophe Bourguignon selaku teknisi kru LCR Honda, dalam wawancara dengan GPOne.

Jika dirupiahkan yakni setara 232 juta hingga kurang lebih 1,5 miliar rupiah. Mantaap! Nominal yang bikin geleng-geleng kepala hanya untuk perbaikan motor saja.

Baca Juga : MotoGP: Rossi Sebut Ide Bagus Jika Lorenzo Jadi Tes Rider Yamaha

Yap, itu sudah menjadi resiko yang harus diterima di ajang MotoGP. Jika kecelakaan itu sering terjadi, tentunya bakal menguras budget tim tersebut ya. “Motor yang mereka gunakan berat dan sangat cepat, jadi tidak ada yang namanya kecelakaan kecil. Jika Anda terjatuh karena kehilangan grip depan (low side), setidaknya fairing, semi-handlebar dan perangkat berbahan karbon lainnya akan rusak,” jelas Bourguignon.

Baca Juga :MotoGP: Rossi Beri Penghormatan Pada Casey Stoner

Sekilas info, LCR Honda sendiri menyediakan budget yang terbilang besar, tak lain untuk berjaga-jaga agar pembalapnya bisa membalap dengan motor yang aman. Nah, Kepala Tim LCR Honda, Lucio Cecchinello, menyebutkan angka 1 juta dolar yakni setara kurang lebih Rp. 13,9 miliar sebagai dana perbaikan selama satu tahun untuk rider andalannya, Cal Crutchlow.

Sementara itu, LCR Honda mengeluarkan dana di kisaran 10 juta euro, yakni Rp. 155 milar rupiah untuk biaya operasional selama satu tahun. Mantap! Taufik