Yuk Kenali Dua Tipe Gir SSS, Ada yang Aluminium dan Ada yang Baja

Gir SSS Aluminium (kiri), Gir SSS Baja (kanan).

Otoinfo.id – Buat yanng sudah lama main motor pasti kenal dengan merk gir set SSS. Itu merk yang sudah dari dulu dipakai di ajang balap nasional maupun motor-motor harian. Gir SSS terkenal dengan kekuatannya dan keringanannya.

Eits.., tapi masih banyak juga yang belum paham perbedaan antara tipe yang aluminium dan baja. Untuk yang aluminium lebih condong ke balap, sedangkan yang baja untuk harian.

Baca Juga : SSS Bekerjasama dengan AHM, Rilis Part Modifikasi Buat Honda CRF150L

Nah kali ini kita kenali bahan dasar dan teknologi pembuatannya. Pada gir aluminium, bahannya aluminium 7075-T6 yang digunakan juga untuk manufaktur fighter jet. Teknologinya didesain dengan lightening holes. Rumus ini berguna untuk mengurangi bobot pada gir.

Keunggulannya sudah jelas terbukti di balap nasional. Beberapa mekanik menyebut kalau gir SSS alumunium itu kuat dan tahan hingga satu musim balap. Jadi memang bersahabat dengan para owner tim. Yup, karena tidak boros beli gir lagi he..he..he..

Sedangkan untuk yang baja, Bahannya high carbon steel, didukung teknologi Full Heat Treatment. Itu menjadikan gir tipe ini lebih keras. Cocok buat harian memang, tapi untuk balap pun masih mampu.

Baca Juga : Buktikan Kekuatan SSS, Richard Bersama Proliner 549 Kaboci Racing Team Raih Podium Perdananya di UB150

Terbukti pula gir tipe baja ini memang benar-benar kuat dan keras. Untuk harian bisa mencapai bertahun-tahun. Ukurannya juga beragam, tersedia untuk rantai 415, 428 dan 520. Pokoknya  sesuai dengan kebutuhan motor yang dijual di Indonesia.

Terakhir, untuk gir depan berbahan carbon steel yang mengandalkan teknologi khusus dari Jepang serta penggunaan baja berkualitas tinggi. Ukuran tersedia sama, ada 415, 428 dan 520. Jumlah mata gir depan mulai dari 11T sampai 18T. Tersedia buat semua motor. SSS It’s Racing! Aji