Otoinfo – Beberapa modifikasi sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar sepeda motor matic. Walaupun produsen motor matic sudah mempertimbangkan konsumsi bahan bakar dalam desain mereka, kita masih bisa melakukan beberapa perubahan untuk mendapatkan performa terbaik tanpa harus mengorbankan efisiensi.
1. Menggunakan Ban yang Lebih Sempit
Salah satu modifikasi yang dapat dilakukan adalah mengganti ban standar dengan ban yang lebih sempit. Biasanya, ban yang lebih lebar digunakan untuk tampilan yang lebih sporty atau peningkatan performa saat menikung.
Namun, jika tujuan utama adalah efisiensi bahan bakar, maka ban yang lebih ramping bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Ban yang lebih tipis memiliki hambatan gelinding yang lebih rendah, sehingga mesin tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menjaga motor tetap berjalan.
Perlu diingat, ukuran ban bisa diubah hingga dua langkah lebih kecil atau lebih besar dari standar, asalkan lebar ban dan pelek sesuai. Tekanan ban juga harus dijaga optimal; untuk sepeda motor matic, tekanan idealnya adalah 29 psi untuk ban depan dan antara 33 hingga 36 psi untuk ban belakang tergantung beban.
2. Penggantian Roller dengan yang Lebih Ringan
Roller adalah bagian dari CVT (Continuously Variable Transmission) pada sepeda motor matic yang perlu diganti secara berkala setiap 25.000 km. Mengganti roller dengan yang lebih ringan dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar.
Roller yang lebih ringan memudahkan mesin bekerja pada kecepatan rendah, sehingga pengendara tidak perlu membuka gas terlalu banyak untuk melaju. Hal ini sangat bermanfaat di jalanan kota yang padat dengan gaya berkendara stop-and-go.
Namun, perlu berhati-hati agar tidak menggunakan roller yang terlalu ringan, karena ini bisa membuat “nafas” mesin menjadi pendek dan suara motor matic menjadi lebih bising.
3. Memasang Tachometer sebagai Panduan Berkendara Ramah Lingkungan
Meskipun tidak semua sepeda motor matic dilengkapi dengan tachometer, memasangnya bisa sangat membantu dalam menjaga efisiensi bahan bakar. Tachometer menampilkan putaran mesin per menit (RPM), yang dapat digunakan sebagai panduan untuk mengemudi lebih hemat bahan bakar.
Menjaga putaran mesin antara 3.500 hingga 6.000 rpm dan mengoperasikan throttle secara mulus dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar. Bagi pemilik sepeda motor matic model lama yang tidak dilengkapi dengan lampu indikator eco, memasang tachometer bisa menjadi solusi yang praktis.
Terdapat dua jenis tachometer aftermarket yang tersedia, yaitu analog dan digital. Dengan mengikuti beberapa tips modifikasi ini, sepeda motor matic Anda dapat menjadi lebih hemat bahan bakar tanpa mengorbankan performa. Selamat Mencoba ya! Otoinfo