Honda Punya Mode Yang Jarang Diketahui Penggunanya, Apakah Itu?

Otoinfo.id – Sebagian pemilik motor Honda pasti ada yang belum tahu tentang mode pada motornya. Mode itu adalah mode untuk setting Altitude atau penyesuaian terhadap ketinggian suatu wilayah atau tempat.

Dikutip dari Motolineid, untuk melakukan setting terhadap ketinggian suatu tempat tidak bisa secara otomatis, sehingga kita harus mengaturnya secara manual.

Seperti yang dikatakan Awaludin salah satu instruktur di Astra Motor Training Centre (AMTC) Semarang. “Setting Altitude merupakan settingan yang ada pada motor injeksi Honda untuk menyesuaikan dengan ketinggian suatu tempat terhadap permukaan laut, sehingga ada empat pilihan mode,” ucapnya.

Baca juga : Tidak Hanya Jualan Motor, MPM Kucurkan Dana Rp 3,1 M Untuk Hentikan Covid-19

Sebelum melakukan setting Altitud, kita harus mengetahui ketinggian daerah kita, karena mode setting tersebut mengacu kepada tinggi permukaan tempat dari permukaan laut.”Jika setting Altitude tidak sesuai maka akan mempengaruhi kinerja mesin, yang disebabkan kurang optimalnya pembakaran,” tambah Awaludin.

Mode ini terbagi menjadi 4 jenis yaitu, Mode 1, Mode 2, Mode 3 dan Mode 4. Dari setiap mode memiliki spesifikasi ketinggiannya masing-masing. Mode 1 yaitu untuk ketinggian yang kurang dari 2.000 MDPL, lanjut ke Mode 2 yang cocok digunakan untuk daerah yang berada di ketinggian 2.000 sampai 3.000 MDPL, kemudian Mode 3 yaitu untuk ketinggian 2.500 sampai 3.500 MDPL, lalu bila ketinggian sudah diatas 3.500 MDPL maka gunakan Mode 4.

Baca juga :Ungkap Fakta GL Pro Brondong Proyek (Mojokerto), Pakai NOS Jawara Laga Herex!

Nah, pasti kalian pada ‘kepo’ bagaimana cara untuk mensetting Altitude ini? mari kita simak!

Namun sebelum mensetting Altitude ini, kita harus mempunyai alat DLC Shot Connector. Kemudian hal-hal yang harus diperhatikan adalah ECM tidak boleh menyimpan kode kegagalan.Yang pertama, buka penutup DLC selanjutnya pasangkan DLC Short Connector, “Ingat saat kita memasangkan DLC Short Connector ini kunci kontak dalam keadaan OFF,” jelasnya.

Selanjutnya putar handel gas sampai mentok dan tahan, setelah itu baru kita putar kunci kontak ke arah ON. Lampu MIL akan menyala selanjutnya berkedip dengan cepat, dalam waktu 5 detik setelah lampu MIL berkedip hentakan handel gas dengan cepat kearah menutup selama 0,5 detik dan selanjutnya handel gas dibuka penuh kembali selama 0,5 detik.

Baca juga : Tips: Pilih Glasswool Knalpot 2 Tak, Beda Bahan Beda Karakter, Salah Pilih Bikin Loyo!

“Misalkan kita akan seting ke mode 2 maka hentakan handel gas menutup selama 0,5 detik, lanjut handel gas membuka penuh 0,5 detik dan ditutup lagi secara penuh, dan kita tunggu selama 3 detik,” tambah Awaludin.

Nah begitu gaes cara melakukan setting Altitude pada motor honda, oh ya, jika setting yang kita lakukan sesuai prosedur, lampu MIL akan berkedip sesuai mode yang kita pilih. Bagus Adit