Tuesday, July 15, 2025
spot_img

Ini Alasan Polisi Indonesia Tidak Gunakan Moge Sport Full Fairing Untuk Dinas!

Otoinfo.id – Jika diperhatikan, motor dinas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) rata-rata menggunakan moge bertipe touring atau sport touring saja.

Moge yang digunakan biasanya adalah, Yamaha Diversion XJ900P, FJR 1300, Harley Davidson Electra Glide Ultra Classic, Honda Gold Wing, BMW R 1200 GS, R 1200 RT, K 1600 B, Victory Vision Commander Police, hingga Honda VFR800X Crossrunner.

Baca juga : Ini Nih! Alasan Ukuran Roda Depan Motor Trail Lebih Besar Dibandingkan Belakang!

Namun, mengapa hanya menggunakan moge bertipe touring saja, bukan menggunakan moge sport full fairing yang memiliki tenaga badak ini? Nah berikut alasannya!

Dilansir dari Kompas.com, Aiptu Bambang Margono, Instruktur Safety Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya Indonesia, mengatakan, motor sport full fairing dinilai tidak etis untuk melakukan pengawalan, karena posisi berkendaranya yang membungkuk.

Baca Juga:  LFN HP969 Sentul: Timika Pride! PT. Intan Angkasa Racing Team Andalkan Dua Rider, Manajernya Gupito Kresna

“Seorang pengawal harus terlihat tegap, tapi tetap terampil. Dengan gaya motor ini, dibutuhkan latihan yang lebih berat dibanding road race,” ujar Bambang.

Jika melihat ke luar negeri, motor seperti BMW S1000RR pun dipakai sebagai motor patroli polisi dan sering digunakan untuk pengejaran terhadap pelanggar lalu lintas.

Baca Juga : Tips: Honda BeAT Injeksi Sering Mati Mendadak? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Namun, berbeda dengan di Indonesia, karena di luar negeri harus menggunakan motor kencang untuk mengejar pemotor nakal yang rata-rata menggunakan moge juga.

Baca Juga:  Terungkap! Harley Davidson X440, Moge Super Gahar dengan Harga Murah Bikin Ngiler!

Apalagi kebutuhan patroli di Indonesia membutuhkan waktu berjam-jam, tentunya polisi menginginkan motor dinas yang nyaman. Lalu moge polisi Indonesia juga membutuhkan akaseseoris seperti rotator dan sirene. Bagus Adit

Latest Posts